Mapan Dengan Honor Rp 5 Juta/Bulan

Siapa sih yang pernah menyangka kalau anda sanggup mapan meskipun honor anda ‘hanya’ 5 juta saja? Kebanyakan orang sudah berpikir pesimis mengingat untuk hidup di kota besar ibarat di Jakarta angka segitu sanggup dikatakan pas-pasan.

Memang sih masih ada saja yang sanggup bertahan hidup tapi biasanya pengorbanannya cukup besar. Nah, apalagi kalau lalu berpikir untuk sanggup mapan. Mungkin kata mapan hanya ada di mimpi saja.

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas tips dan trik apa saja yang sanggup anda lakukan untuk sanggup mapan di lalu hari. Di artikel ini saya berikan sambungan kekurangn dari tips dan trik tersebut. Apa saja? Yuk kita simak.

Me time

Mengatur keuangan dengan ketat bukan berarti nggak boleh senang-senang. Kita sudah capek-capek kerja dari Senin ke Jumat, tentu kita mau nikmati akhirnya juga kan? Dari pembagian di atas, anda masih punya jatah sekitar 10-20% dari penghasilan nih.

Alokasikan sekitar 20% atau sebesar Rp 1 juta untuk dana rekreasi alias hiburan. Dana ini sanggup anda gunakan buat nongkrong kala weekend atau belanja baju baru.

Pastikan untuk tidak melebihi porsi dana rekreasi di atas. Untuk kebutuhan konsumtif, sangat tidak disarankan buat berutang. Oleh alasannya yaitu itu, jikalau mempunyai impian melebihi porsi tersebut ibarat jalan-jalan ke luar kota atau beli jam tangan baru, upayakan untuk menabung.

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup konsumtif cenderung tidak berpikir panjang lantaran lebih mengedepankan impian semata, maka tidak heran berapapun honor yang anda dapatkan setiap bulan tidak akan pernah cukup untuk memenuhi gaya hidup ibarat itu.

Saat ini gaya hidup konsumtif cukup dipengaruhi oleh social media. Anda sanggup terpengaruh ingin makan sushi lantaran gres melihat postingan teman. Anda tiba-tiba ingin ke Raja Ampat lantaran melihat postingan artis.

Belum lagi menghabiskan waktu di mall serta coffee shop. Pernahkan anda melihat sepotong masakan ringan cantik harganya lebih dari Rp 70.000? Di Jakarta khususnya ada sebuah kawasan yang memperlihatkan masakan dan minuman sampai puluhan ribu yang sebetulnya itu sudah di luar jangkauan dari kantong anda, tapi tetap saja anda menghabiskan uang anda untuk berada di kawasan tersebut.

Hal-hal ibarat ini akan cepat menguras kantong anda sehingga honor anda tidak akan pernah cukup. Jadi, bijaklah membelanjakan uang Anda dengan tidak membeli barang yang tidak perlu. Jauhkan dari hanya sekedar ‘ingin’ saat pergi ke sentra perbelanjaan dan tempat-tempat masakan serta coffee shop. Tohh tujuan kita yaitu merdeka finansial, bukan untuk gaya-gayaan.

Hal lain yang sanggup anda lakukan bila tahap-tahap di atas dirasa kurang dalam membuat merdeka finansial yaitu meningkatkan pemasukan. Carilah peluang baru, menangkap peluang dengan cepat.

Selain meminta kenaikan honor yang sanggup anda lakukan, ada banyak hal yang sanggup kau lakukan ibarat menjalankan bisnis sampingan yang sesuai dengan hobi Atau bekali diri anda dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi biar sanggup mendapat honor yang lebih besar.

Sumber: https://knowledgemanagement.us