Cara Menyetrika Baju Seragam, Berikut Tipsnya !

Cara menyetrika baju sekolah pada umumnya sama saja karena seragam sekolah di Indonesia pada umumnya terdiri dari kemeja baik kemeja lengan panjang atau lengan pendek dan celana panjang atau celana pendek untuk anak laki-laki dan rok baik rok span atau rok lipit untuk anak perempuan. Namun demikian, tentunya Anda sudah tahu bahwa seragam sekolah setiap tingkatan berbeda jadi cara menyetrikanya pun harus disesuaikan dengan tingkatan sekolah. seragam sekolah 

Cara Menyetrika Baju Seragam SD

Baju seragam SD untuk anak laki-laki tentunya berbeda dengan anak perempuan tapi model kemejanya relatif sama saja kecuali jika seragam anak perempuan mengenakan kerudung sehingga maka kemeja yang digunakan adalah kemeja lengan panjang. Untuk celana, anak laki-laki menggunakan celana pendek sementara anak perempuan menggunakan rok lipit warna pendek atau rok lipit panjang untuk yang berkerudung. (baca juga: Cara Menyetrika Kerudung Segi Empat)

Pertama yang harus dilakukan adalah mengatur suhu setrikaan sesuai dengan jenis bahan seragam. Kebanyakan seragam sekolah menggunakan katun lokal biasa sehingga suhu setrika diatur agak tinggi dan jangan terlalu rendah karena katun termasuk jenis bahan agak susah disetrika.

Untuk kemeja, terapkan cara menyetrika kemeja atau cara menyetrika kemeja lengan pendek karena baik seragam anak laki-laki dan perempuan sama saja.
Untuk bawahan anak laki-laki, terapkan cara menyetrika celana kain dan untuk bawahan anak perempuan terapkan cara menyetrika rok lipit.

Cara Menyetrika Baju Seragam SMP

Untuk cara menyetrika baju seragam sekolah SMP hampir sama untuk atasan yaitu sama dengan cara menyetrika kemeja lengan pendek atau cara menyetrika baju katun pada umumnya. Tapi untuk bawahan agak berbeda, ada beberapa sekolah yang anak laki-lakinya mengenakan celana panjang walaupun mayoritas anak SMP mengenakan celana pendek. Untuk bawahan anak perempuan mengenakan rok model span yang cara menyetrikanya tidak seribet cara meyetrika rok lipit pada anak SD dan untuk anak perempuan yang berkerudung rok spannya dibuat panjang menyentuh mata kaki.

Atur suhu setrika listrik otomatis Anda dengan suhu agak tinggi karena kebanyakan seragam sekolah menggunakan bahan katun yang memang memerlukan suhu setrika yang cukup panas agar serat-serat pakaiannya dapat licin sempurna dengan cepat. (baca juga: Cara Menyetrika Agar Licin)
Untuk atasan baik seragam anak laki-laki dan anak perempuan terapkan cara menyetrika kemeja baik lengan pendek ataupun lengan panjang.

Untuk bawahan, terapkan cara menyetrika celana panjang atau cara menyetrika celana kerja karena caranya sama saja. Untuk rok span anak perempuan sangat mudah karena hanya dengan meletakkan rok span di atas meja setrika Anda sudah bisa mulai menyetrikanya dengan mudah. Tapi sebaiknya agar terlihat cantik jangan meninggalkan bekas setrikaan di sisi kiri dan kanan rok.

Cara Menyetrika Baju Seragam SMA

Untuk menyetrika baju seragam SMA sama persis dengan cara menyetrika baju seragam SMP karena baik atasan dan bawahan sama saja, tapi semua anak laki-laki di SMA mengenakan celana panjang dan bukannya celana pendek. Untuk bawahan anak perempuan sama modelnya dengan seragam SMP hanya berbeda warna saja. Namun ada beberapa SMA yang anak perempuannya diperbolehkan menggunakan rok panjang model lipit seperti model rok SD dan cara menyetrikanya tinggal disesuaikan saja.

Ternyata tidak sulitkan menyetrika seragam atau baju sekolah karena asalkan Anda tahu bagaimana cara menyetrika yang benar maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi, apalagi jika Anda sudah tahu cara menyetrika pakaian basic seperti kemeja, cara menyetrika celana pendek/panjang, rok span/lipit dan tahu juga cara menyetrika jilbab segi empat untuk anak perempuan yang berkerudung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *