Apakah Menguntungkan Jika Menyekolahkan Anak Anda di Sekolah Internasional?

Icthus School – Tidak berbeda dengan biaya pendidikan di sekolah nasional yang ditambahkan dengan biaya untuk mengikuti kelas pengayaan atau les, biaya yang harus dikeluarkan untuk sekolah internasional pun sama besarnya. Hal ini dikarenakan pada sekolah internasional juga terdapat biaya tambahan lainnya yang perlu diperhitungkan. Beberapa di antaranya adalah

Hasil gambar untuk ichthus school

  • Membayar biaya bangunan ketika sekolah mengalami renovasi.
  • Biaya yang lebih mahal untuk kunjungan dan perjalanan sekolah yang diselenggarakan oleh sekolah internasional.
  • Seragam sekolah dirancang khusus dan hanya dapat dibeli dengan sekolah.

Namun, beberapa sekolah internasional akan menawarkan tarif diskon untuk biaya sekolah ketika Anda mendaftarkan anak kedua atau ketiga Anda.

Melihat biaya yang cukup besar yang harus Anda keluarkan untuk pendidikan anak Anda, tentunya tidak jarang Anda berpikir apakah semua itu menguntungkan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa alasan kuat yang harus orangtua lihat agar biaya yang dikeluarkan untuk sekolah internasional tersebut terasa menguntungkan.

 

  1. Mampu Berbahasa Inggris

Orangtua yang mengirim anak mereka ke sekolah internasional cenderung berharap dengan pendidikan berbahasa inggris yang akan diperoleh, karena anak mereka telah dipersiapkan untuk masa depan pendidikan lanjutan mereka yang lebih baik terutama untuk belajar di luar negeri. Untuk itu, memiliki kemampuan berbahasa inggiris yang baik dan memperoleh ilmu dari kurikulum internasional akan memudahkan siswa untuk memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berkuliah di universitas asing, di negara berbahasa Inggris seperti Australia, U.S., dan U.K.

 

  1. Rendahnya Rasio siswa dan Guru

Di sekolah internasional, ukuran kelas lebih kecil hanya untuk sekitar 20 murid saja, sehingga guru dapat memberikan perhatian kepada setiap murid. Karena kelas lebih kecil, anak Anda tidak dapat bersembunyi di belakang kelas. Jika anak Anda tidak mengerti sesuatu, guru akan dengan cepat akan mengetahuinya. Guru dapat mengatasi masalah belajar itu di tempat. Dengan grup belajar yang lebih kecil di setiap kelasnya, murid memiliki llebih banyak kesempatan untuk aktif di dalam kelas. Hal ini penting untuk membentuk kemampuan diri dan membangun karakter.

 

  1. Berfikir Mandiri

Sekolah internasional tidak harus mengajar dengan tujuan mengikuti ujian. Sekolah menggunakan panduan mengajar untuk guru sehingga siswa merasakan bahwa belajar itu menyenangkan dan penuh dengan segala kemungkinan. Jadi, para guru lebih fokus kepada bagaimana cara anak Anda berfikir, bukan mengajarkan mereka apa yang harus dipikirkan.

 

  1. Keterlibatan Orangtua Tinggi

Sekolah internasional umumnya mendorong orangtua untuk lebih aktif terlibat di dalam pendidikan anak. Guru juga secara rutin mengkomunikasikan perkembangan anak kepada orangtua melalui buku jurnal siswa. Orangtua juga dapat bertemu langsung dengan guru untuk memeriksa perkembangan anak mereka dan dapat terlibat dengan kegiatan sekolah seperti konser sekolah atau menjadi volunteer untuk membantu acara jalan-jalan sekolah.

 

  1. Program Belajar yang Seimbang

Sekolah internasional memiliki kurikulum yang lebih terstruktur. Mereka menawarkan pendidikan sehat yang lebih fokus dan terorganisir. Siswa diijinkan untuk mengambil perpaduan dari ilmu pengetahuan dan seni, tergantung minat mereka. Sekolah selalu berusaha untuk mennyeimbangkan antara akademik, olahraga, dan kegiatan ekstrakulikuler. Sebagai kurikulum tambahan, setiap anak dibutuhkan partisipasinya pada beberapa kegiatan atletik. Olahraga dan kegiatan ekstrakulikuler diawasi oleh pelatih yang berpengalaman.

Itulah beberapa alasan kuat yang harus orangtua lihat agar biaya yang dikeluarkan untuk sekolah internasional tersebut terasa menguntungkan. Untuk Anda yang memutuskan untuk menyekolahkan anak Anda di sekolah internasional, maka Anda dapat mempertimbangkan Ichthus School, yang merupakan salah satu sekolah internasional di Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website Ichthus School di www.ichtusschool.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *