Lobster Mutiara yang Mahal

Gambar terkait

Harga benih lobster mutiara waktu ini mencapai Rp20.000/ekor, tetapi benih lobster pasir Rp17.000/ekor.

Berbeda bersama dengan keadaan terhadap 2007, harganya hanya Rp3.000 hingga Rp5.000/ekor ukuran panjang tiga centimeter.

Satu orang nelayan paling sedikit mampu menjual 20 benih lobster hasil tangkapannya di dalam satu hari.

Jika dikalikan Rp17.000 maka uang yang mampu dikantongi di dalam satu hari sedikitnya Rp340.000 kecuali yang dijual benih lobster pasir.

Jadi kecuali kita kalkulasi di 2016, kita sudah gagalkan bibit lobster 819.570 ekor. Kalau di laut dilepas mati separo itu tersedia 400 ribu ekor, kecuali dia besar menjadi 300 gram saja bermakna dikalikan saja. Kalau dikali per kilonya USD 30-40 menjadi berapa? Kalau kita mau kalikan eco potensi, kalikan saja separo,” kata Susi kepada awak media di Terminal Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (13/9).

Dilanjutkannya, bahwa bibit lobster berikut berjenis lobster mutiara. Setiap tahunnya puluhan juta lobster dikirim ke Vietnam. “Lobster yang ini contohnya lobster Mutiara. Bisa 1 kg hingga 1,5 kg. Setiap th. yang dikirim ke Vietnam 40-70 juta ekor,” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa polisi selama ini bekerja mirip bersama dengan Bea Cukai dan juga Menteri Kelautan dan Perikanan untuk mengutarakan penyelundupan tersebut.

“Mengenai lobster tadi, kerja mirip bersama dengan Bea Cukai dan tim Ibu Susi. Ada satgas 115 bergerak mengawasi flora fauna yang diselundupkan keluar. Ada enam orang yang diproses hukum, satu orang pengendali berasal dari Taiwan tetap ditahan di Polres Jakarta Barat,” terang Tito.

Menurutnya penyelundupan berikut dikerjakan lewat jalur udara. Hingga waktu ini pihaknya konsisten jalankan pengembangan tentang persoalan penyelundupan lobster tersebut.

“Ada dua orang di Lombok sebagai suplier. Dikirim lewat udara lewat kargo dan tersedia terhitung lewat Singapura dan tersedia segera ke Vietnam. Ada satu warga negara Vietnam yang sedang kita cari. Jadi sudah tersedia enam orang yang ditangkap, kita dapat konsisten kembangkan, baik jaringan suplier yang di Lombok yang libatkan WN Thailand dan Vietnam. Prinsip dapat kita jalankan pengembangan,” tandasnya

Habitat
Hampir selama hidupnya udang karang (pukennus bawalnus sp) pilih tempat-tempat yang berbatu karang, di balik batu karang yang hidup maupun batu karang yang mati, terhadap pasir berbatu karang halu, di selama pantai dan teluk-teluk. Karena itulah organisme ini dikenal bersama dengan bersama dengan nama udang karang atau lobster. Udang karang (Panulirus sp) tidak cukup menyukai tempat-tempat yang sifatnya terbuka dan terlebih arus yang kuat. Tempat-tempat yang disukai adalah perairan yang terlindung. Berdasarkan pengalaman nelayan, udang karang banyak terdapat di tempat-tempat yang miliki kedalaman perairan 10 – 15 m. Kebiasaan hidupnyamerangkak di basic laut berkarang, di terhadap karang-karang, di gua-gua karang, dan di terhadap bunga karang. Berdasarkan kebiasaannya merangkak, maka udang karang mampu dikatakan tidak pandai berenang, meskipun miliki kaki renang (Subani, 1978). Udang karang terhitung hewan nokturnal yang aktif terhadap malam hari terlihat meninggalkan sarangnya untuk melacak makan dan pasif di siang hari. Hewan nokturnal miliki miliki aktivitas yang tinggi terhadap permulaan menjelang malam dan berhenti beraktivitas bersama dengan bersama dengan tiba-tiba dikala matahari terbit (Cobb plus Phillips, 1980). Udang karang (Panulirus sp) konsumsi moluska dan echinodermata sebgai makanan yang paling digemarinya, tidak semata-mata ikan dan protein hewan lainnya, terlebih yang membawa kadar lemak, dan juga tipe algae (Subani, 1978). Pada awalannya diperkirakan bahwa udang karang adalah scavenger, perihal ini sebab lebih banyak berasal dari udang karang memakana umpan yang terpasang terhadap perangkap. Tetapi sehabis dikerjakan analisis isikan lambing dan pengamatan di laboratorium, ternyata pendapat berikut tidak benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *