Cara Pasang Perlengkapan Motor Sesuai Standar Keamanan

Walaupun dari pabriknya setiap motor selalu dihadirkan dengan keberadaan komponen fungsi yang begitu mendukung, namun tetap saja hal tersebut dianggap masih memiliki kekurangan bagi penggunanya, sehingga merekapun memutuskan memasang perlengkapan tambahan untuk memaksimalkannya.

Ada banyak sekali perlengkapan motor yang bisa dipilih. Yang mana banyak dijual di toko hingga bengkel motor, sehingga siapa saja bisa mengaplikasikannya.

Dari sekian banyak perlengkapan motor, salah satunya adalah pengunaan perlengkapan bracket motor, yakni sebuah bagasi tambahan berbentuk box yang biasanya akan diaplikasikan untuk motor yang memiliki ukuran bagasi dalam yang kurang luas.

Cara pemasangannya biasanya diletakkan di bagian belakang motor, sehingga siapa saja bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan barang yang lebih efisien.

Selain bracket box motor, ada pula beberapa perlengkapan motor yang mungkin bisa dipilih sebagai bahan refrensi agar komponen dari motor menjadi kian lengkap dan sempurna. Berikut ini juga akan disertakan bagaimana cara pasang perlengkapan motor yang sesuai dengan standar keamanan.

 

Pengunaan Lampu LED

 

Pengaplikasian lampu berteknologi LED cukup menunjang kemampuan sekaligus tampilan motor. Pilihlah lampu dengan kapasitas daya yang sesuai supaya tidak boros penghisapan aki dan pilih juga lampu dengan warna terang serta memiliki kemampuan menyala sesuai standar SNI. Pemasangannya sangat mudah sekali, tinggal mengganti bolam lampu sebelumnya dengan lampu LED yang sudah dibeli tanpa harus mengubah kelistrikannya.

Pengunaan Lampu LED Indikator Speedometer

 

Jika menginginkan nyala lampu speedometer dengan warna yang berbeda, pilihlah warna sesuai selera. Namun sangat dianjurkan untuk memilih warna-warna terang agar indikator pada speedometer bisa terlihat jelas. Cara pemasangan perlengkapan motor yang satu ini cukup rumit, karena harus mencabut soket lampu yang terdapat pada bagian bawah speedometer.

Pengunaan Lampu DRL / Lampu Senja

 

Lampu DRL tersedia dalam bentuk dan ukuran yang bervariasi, sehingga pilihlah yang dirasa pas untuk desain motor Anda. Gunakan daya lampu berukuran kecil namun tetap bisa menyala terang, sehingga tidak terlalu membebani fungsi aki. Proses pengaplikasian lampu senja DRL ini bisa disesuaikan, salah satunya bisa diletakkan di bawah box plat nomor supaya lebih terlihat matching dan enak dilihat.

 

Pengunaan Klakson Variasi

 

Apabila sudah merasa bosan dengan bunyi klakson standar yang begitu-begitu saja, ganti dengan menggunakan klakson variasi. Jangan pilih yang memiliki suara-suara berlebihan, karena bisa mengagetkan para pengguna jalan lain. Pilihlah jenis suara yang pas, asalkan terdengar lantang dan kencang.  Pemasangannya harus benar-benar diperhatikan agar tetap memiliki ruang. Sebaiknya gunakan pilihan klakson anti air agar lebih tahan lama.

Pengunaan Charger Motor Handphone

 

Tidak semua motor dilengkapi dengan fasilitas charger handphone, sebagai orang yang hobi traveling naik motor maka wajib sekali untuk memasangnya. Pemasangannya mudah sekali, karena hanya tinggal menghubungkan kabelnya dengan aki. Kemudian, pasang konektornya di jok motor agar lebih aman. Pastikan konektor USB terpasang dengan baik, kemudian cek fungsinya.

Selain kelima komponen perlengkapan motor tersebut, masih ada banyak lagi jenis dan modelnya. Anda tak perlu mengaplikasikan semuanya, pilih dan gunakan saja yang dirasa cocok sekaligus memaksimalkan tampilan hingga kinerjanya. Jangan menggunakan perlengkapan atau komponen yang bersifat membebani, justru hal tersebutlah yang menjadikan motor kesayangan Anda mengalami penurunan fungsi dan kinerja. Ingatlah selalu, bahwa setiap motor memiliki daya kapasitas aki yang pemakaiannya terbatas, sehingga Anda harus menggunakannya dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *