Buah Duku Pencegah Diare

Buah Duku Pencegah Diare

Siapa yang tidak kenal dengan Buah duku, buah yang memiliki nama latin Meliaceae mempunyai banyak kandungan nutrisi. Dalam setiap 1 kilogram duku, setidaknya mengandung protein 10 gram, karbohidrat 130 gram, mineral 7 gram, kalsium 180 mikrogram, fosfor 90 mikrogram, dan zat lain yang tak kalah manfaatnya bagi tubuh dan otak.

Secara lengkap, kandungan nutrisi buah duku di antaranya adalah protein, karbohidrat, fiber, kalsium, karoten (vitamin A), thiamin, riboflavin, ascorbic acid, phytin, serat, dan moisture. Buah duku mengandung serat yang tinggi. Bahkan, kandungan seratnya sama tingginya seperti buah pisang maupun papaya. Karena kandungan seratnya ini, buah duku sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan di tubuh Anda. Dengan lancarnya sisitem pencernaan, maka sesungguhnya Anda bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, bahkan yang paling parah adalah kanker kolon karena kotoran yang menumpuk dan tidak dikeluarkan.

baca juga : jual pohon glodokan tiang

Buah duku mengandung banyak sekali vitamin D. Vitamin ini sangat bermanfaat, khususnya untuk menjaga kesehatan gusi. Karena bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariwan dan iritasi yang membuat Andamenjadi malas makan. Pada akhirnya tubuh juga akan mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mencegahnya, cukuplah Anda mengonsumsi buah duku. Buah duku juga kaya akan kandungan vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Dalam penelitian dari Elina Noles Dari The University of Hongkong menyebutkan bahwa buah duku mengandung senyawa riboflavin yang dapat merekognisi sel-sel di dalam tubuh yang artinya dapat memperbaharui sel sel yang sudah mati sekaligus kandungan riboflavin yang ada dalam duku bersifat detoksifikasi yang mampu menyerap toksin yang ada di pencernaan sehingga buah duku sering sekali disebut sebagai pencegah atau penyembuh penyakit diare. Selain itu buah duku kaya akan kandungan vitamin E adalah buah duku, dimana vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari sinar ultraviolet, mencegah penuaan dini, melembutkan serta menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan meningkatkan masa pemulikan luka pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *