Hong Kong adalah kota internasional dan memiliki banyak wisatawan dari seluruh dunia sepanjang tahun. Menurut statistik Pemerintah Hong Kong, jumlah wisatawan internasional yang mengunjungi Hong Kong pada tahun 2005 mencapai 10,8 juta yang merupakan peningkatan 13,1% bila dibandingkan dengan tahun 2004. Negara-negara seperti Australia, Kanada, Prancis, Cina, India, Indonesia, Malaysia, Singapura , Korea, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat semuanya  memberikan kontribusi pertumbuhan wisata yang signifikan untuk Hong Kong. Artikel ini menyajikan beberapa kiat penting bagi wisatawan agar Anda dapat lebih menikmati dan melakukan perjalanan yang menyenangkan ke Hong Kong.

1. Identitas dan Keamanan Pribadi

Wisatawan harus membawa dokumentasi identitas pribadi yang sah seperti paspor selama mereka tinggal di HK. Ini adalah kota yang sangat aman menurut tingkat kejahatan yang rendah. Namun, karena populasi yang padat, tidak disarankan untuk mengambil uang tunai dalam jumlah besar ketika keluar karena sebagian besar toko di Hong Kong menerima kartu kredit. Barang-barang mahal harus dikunci di brankas di hotel. Anda dapat dengan mudah menemukan polisi di jalanan setiap kali Anda mengalami masalah.

2. Biaya Layanan

Sebagian besar restoran kecuali toko makanan cepat saji akan menambahkan 10% biaya layanan pada tagihan. Karena itu, Anda dapat memilih untuk memberikan dolar ganjil dari perubahan sebagai kiat layanan. Untuk pengemudi taksi atau  pelayan hotel, tidak ada norma yang ditetapkan sebelumnya untuk tips layanan, Anda dapat memilih untuk memberikan kapan saja Anda pikir layanan ini pantas untuk diberikan.

3. Layanan Telepon

Semua panggilan telepon lokal gratis kecuali untuk telepon umum yang dikenakan biaya HK $ 1 untuk setiap 5 menit. Panggilan darurat adalah 999 dan bebas untuk menelepon Travel Bandara Juanda ke Malang bahkan di telepon umum. Anda dapat menggunakan kartu panggilan telepon SLI atau kartu kredit untuk panggilan jarak jauh, atau hanya melalui operator untuk mengumpulkan panggilan di semua konter telepon umum.

4. Air Minum

Air minum di Hong Kong mencapai standar Organisasi Kesehatan Dunia. Namun, Anda juga dapat memilih untuk membeli air botol di supermarket jika Anda merasa perlu.

5. Taksi

Semua taksi hanya menerima uang tunai dan mereka telah mencetak faktur setiap kali Anda meminta. Lebih mudah untuk menangkap taksi di halte taksi atau di luar hotel. Banyak pengemudi taksi yang mengerti bahasa Inggris sederhana. Disarankan menuliskan tujuan Anda (dalam bahasa Inggris) di atas kertas untuk meminimalkan travel juanda malang kesalahpahaman. Biaya taksi didasarkan pada meteran yaitu HK $ 15 untuk 2 Km pertama dan HK $ 1,4 untuk 0,2 Km berikutnya. Selain itu, ada biaya terowongan mulai dari HK $ 3-45 tergantung pada terowongan mana yang harus Anda ambil. Meja pengisian daya ditampilkan dengan jelas di sisi dalam pintu sehingga Anda dapat memeriksanya sebelum membayar. Jika ada keluhan atau kasus yang hilang, Anda dapat mencatat nama pengemudi taksi dan nomor platnya yang ditunjukkan dengan jelas di dudukan kursi depan, dan melapor ke hotline polisi: 2527 7177 bila perlu.

6. Mass Transit Railway (MTR)

Hong Kong memiliki 6 rute MTR, yang mencakup sebagian besar Pulau Hong Kong, Kowloon, dan Wilayah Baru.

1. Rute Tsuen Wan: Tsuen Wan ke Pusat
2. Rute Kwun Tong: Yau Mat Tei ke Tiu Keng Leng
3. Rute Tseung Kwan O: Titik Utara ke Po Lam
4. Rute Utama: Sheung Wan ke Chai Wan
5. Rute Tung Chung : Tung Chung ke Hong Kong
6. Rute Bandara: Bandara ke Hong Kong

Karena kenyamanan MTR dan area kompak HK, sebagian besar wisatawan merasa tidak perlu menyewa mobil selama mereka menginap. Selain itu, karena lalu lintas yang sangat padat dan kompleksitas jalan kota, tidak disarankan bagi wisatawan untuk berkendara. Jika Anda benar-benar membutuhkan penyewaan mobil, Anda dapat berkonsultasi dengan hotel Anda, dan siap dengan paspor dan SIM Anda.

7. Kereta Api Kowloon Canton (KCR)

KCR adalah jalur kereta api utama yang menghubungkan Wilayah Baru dan kota Kowloon. Itu berjalan melalui Tsim Sha Tsui Timur ke Lo Wu yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk seluruh rute. Lo Wo adalah stasiun terakhir yang bisa Anda travel juanda ke malang  lewati untuk memasuki Tiongkok dengan visa yang valid. Kereta akan berangkat setiap 3 hingga 10 menit, dan kereta yang paling awal akan dimulai pukul 5.35 pagi sedangkan kereta yang terakhir akan berangkat pukul 12.20 siang. Pekan raya biasa dan kelas satu masing-masing adalah HK $ 18 dan HK $ 36. dari Hung Hom ke Sheung Shui.

8. Trem

Layanan trem telah dimulai pada tahun 1904 dan ini adalah sistem transportasi tertua di HK. Ini hanya melayani Pulau Hong Kong yang berjalan dari Kennedy Town ke Shau Kei Wan plus rute lain ke Happy Valley. Trem paling awal dimulai pukul 6:00 pagi dan berjalan hingga jam 1:00 siang dan adilnya adalah HK $ 2 untuk dewasa dan HK $ 1 untuk anak-anak di bawah usia 12. Ini adalah transportasi termurah di Hong Kong, dan Anda sangat dianjurkan untuk menaiki tangga atas sehingga Anda dapat menikmati semua pemandangan jalanan Hong Kong.

9. Star Ferry

Pemandangan HK harbour terkenal di dunia, terutama pemandangan malam hari. Selain itu, ada pertunjukan cahaya spektakuler oleh bangunan komersial di pulau Hong Kong pada pukul 8:00 malam setiap malam yang tidak boleh Anda lewatkan. Star Ferry telah melayani di pelabuhan selama lebih dari 100 tahun, dan adilnya kurang dari HK $ 3 per perjalanan. Anda bisa naik Star Ferry dari Cental ke Tsim Sha Tsui sekitar pukul 8:00 malam. Anda bisa menikmati pemandangan pelabuhan di feri dan melanjutkan pertunjukan cahaya di Starlight Road Tsim Sha Tsui.

10. Bandara Internasional Hong Kong

Rute yang paling nyaman ke Bandara Internasional HK adalah melalui MTR yang membutuhkan waktu sekitar 23 menit dari Central. Melewati stasiun Kowloon, Olimpiade, Tsing Yi, dan kereta akan diberangkatkan setiap sepuluh menit. Dengan MTR, Anda tidak akan pernah ketinggalan pesawat karena kemacetan lalu lintas tradisional.

Selain MTR, Anda bisa naik Bus Bandara yang dimulai dari jam 6:00 pagi hingga 11:00 malam. Ini mencakup sebagian besar Pulau Hong Kong dan Kowloon dengan hotel-hotel besar.