Role-Playing Game (RPG) ialah sebuah genre game yang sangat mempunyai sistem perumahan dalam mekanisme gameplay-nya. Bahkan, antar game RPG pun dapat mempunyai sistem yang berbeda. Begitu juga pada game RPG di Konsol Playstasion 4. Meski tampak rumit, tetapi hal berikut yang menciptakan game RPG begitu digandrungi oleh gamer di semua dunia.

Entah tersebut Final Fantasy, World of Warcraft, atau Dragon Quest, gamer di semua dunia tentu pernah sesekali memainkan genre game tersebut. Mereka juga sangat merasakan permainan sampai berjam-jam melulu untuk memperkuat dan memperkaya karakter mereka di dunia virtual.

Buat anda para empunya konsol PlayStation 4 ataupun yang berencana hendak membelinya, inilah rekomendasi genre game RPG yang mesti masuk koleksimu selanjutnya.

  1. Final Fantasy XV

Bicara soal game RPG guna PlayStation 4 pasti tidak dapat lepas dari Final Fantasy XV. Game besutan Square Enix ini dapat dikatakan sebagai game mesti punya untuk anda para peminat RPG.

Sebagai game RPG, Final Fantasy XV mempunyai perbedaan yang lumayan signifikan dibanding pendahulunya. Salah satu perbedaan yang lumayan jelas datang dari sistem peperangan yang lebih kompleks, tetapi tetap seru laksana biasa. Biasanya, Final Fantasy memakai sistem tarung berbasis turn-based. Namun, kali ini kamu dapat menghajar musuh dengan membabi buta sekaligus menata strategi yang tepat guna mengalahkannya.

Dari segi visual game ini dapat memanjakan mata dengan grafis ciamik. Terlihat rambut karakter dan rumput bergerak mengekor hembusan angin, demikian pula dengan bayang-bayang yang memantul cocok arah sinar matahari. Secara keseluruhan, Final Fantasy XV ialah kombinasi rapi antara visualisasi canggih sebuah game RPG klasik dengan sistem tarung yang lebih kompleks.

  1. The Witcher 3: Wild Hunt

Seri ketiga cerita Geralt ini pada akhirnya menjangkau penghujung yang memuaskan. Game besutan CD Projekt Red ini benar-benar epik dalam segala hal. Dari segi cerita, dapet banget. Apalagi dari sisi gameplay-nya yang benar-benar buat nagih.

Di dalam game-nya, kamu dapat bertualang dengan bersenjatakan pedang kembar. Ada sekian banyak  monster dan makhluk yang bakal menunggu anda di sana. Sistem skill-nya yang kompleks pun membuat The Witcher 3 jadi lebih menarik.

Kamu pun dapat mengembangkan karakter anda dengan pelbagai kemungkinan yang ada. Intinya, anda tidak akan merasakan game ini secara borongan dengan melulu menyelesaikan misi. Bagi itu, menjelajahi lokasi dan mengejar hal-hal tersembunyi yang terdapat adalahhal yang wajib anda lakukan di sini.

Waktu seharian sarat tidak akan cukup bikin menjelajahi luasnya dunia khayalan dalam The Witcher 3. Bahkan, anda tidak bakal mendapatkan separuh keepikan game ini melulu dengan menuntaskan misi-misinya.

 

  1. Dark Souls III

Semua gamer, terutama penggemar RPG, tentu setuju bahwa waralaba Dark Souls ialah salah satu RPG terbaik sepanjang masa. Sejak 2011, waralaba game ini menciptakan gamer di semua dunia lupa bakal waktu. Jika menurutmu seri Dark Souls sebelumnya telah epik, semuanya kian menggila pada seri terakhir, Dark Souls III.

Di game ini, kamu akan menemukan pelbagai hal yang membebaskanmu untuk mengerjakan apa juga untuk menyelesaikan game. Mulai dari aneka senjata laksana panah, pedang, sampai kapak. Begitu pun perisai yang dapat melindungimu dari serangan atau menyerang balik dengan mendorong musuh.

Lebih canggih lagi, masing-masing senjata punya ciri khas yang berbeda. Hal ini pun berlaku buat aneka karakter musuh. Bahkan, musuh juga dapat mengganti gaya bertarung dan menyesuaikannya dengan gaya bertarungmu.

  1. The Elder Scrolls V: Skyrim

Game ini menyerahkan pengalaman bermain RPG yang sesungguhnya. Seri kelima waralaba Elder Scrolls ini mempunyai elemen open-world yang paling luas dan sarat tantangan. Kamu dapat melawan sekian banyak  makhluk, salah satunya naga, yang dapat kamu lawan kemudian serap tenaganya untuk meningkatkan kekuatan. Sama kayak dalam RPG lainnya, anda harus menuntaskan misi utama dan sampingan lalu menciptakan karakter yang anda mainkan jadi lebih kuat.

Kisah utamanya berkisar mengenai karakter yang anda mainkan, yaitu seorang kesatria yang memiliki misi untuk mengungguli Alduin the World-Eater. Alduin ialah seekor naga yang diramalkan bakal menghancurkan dunia. Latarnya sendiri sedang di era 200 tahun sesudah insiden di The Elder Scrolls IV: Oblivion.

Skyrim terbukti disukai oleh gamers di semua dunia. Buktinya, game ini sudah terjual sejumlah 30 juta kopi sampai saat ini.

  1. Kingdom Come: Deliverance

Game RPG tidak tidak jarang kali harus bertajuk fantasi dengan naga atau monster beda yang menghiasi dunianya. Buktinya dapat kamu rasakan sendiri pada Kingdom Come: Deliverance. Memang tidak semua peminat RPG menyenangi game ini karena dirasakan terlalu realistis. Namun, dapat dikatakan karena dalil itulah game ini menjadi terasa menarik dan mempunyai penggemarnya sendiri. Di game yang dikembangkan oleh Warhorse Studions ini, semuanya benar-benar realistis. Kamu akan laksana masuk zaman abad ke-15 yang menjadi latar game ini. Semuanya terasa laksana nyata dan akurat, mulai dari sejarah, arsitektur, senjata, pakaian, sampai gaya berbicara.

Keunikan game ini pun ada pada sistem classless. Artinya, anda tidak bakal memilih role/kelas atau ras laksana yang biasa anda lakukan di RPG lain. Hal ini juga membuatmu dapat lebih leluasa guna mengembangkan karakter.