Jika Anda melihat sekilas bagaimana memasarkan bisnis Anda, maka Anda pasti akan berhadapan langsung dengan istilah “media sosial.” Platform ini, termasuk Facebook, Twitter, dan Instagram, dengan cepat bangkit untuk menjadi bagian inti dari membangun bisnis online Anda.

Namun, jika Anda baru di bidang ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana seharusnya media sosial sangat penting bagi pertumbuhan peluang bisnis jualan online Anda, dan apa manfaatnya. Mari kita melihat lebih dekat dan membantu Anda selangkah lebih dekat untuk mendominasi dunia online.

Jangkauan media sosial

Pertama, untuk memahami betapa berharganya  media sosial  , penting untuk dipahami bahwa media itu sangat populer. 69% dari semua orang dewasa di AS adalah pengguna aktif dari setidaknya satu situs jaringan. Itu meningkat hingga 88% untuk mereka yang berusia antara 18 dan 29 tahun. Selain itu, rata-rata pengguna memiliki banyak akun. Dari dua miliar pengguna Facebook, 1,2 miliar di antaranya aktif menggunakan platform ini setiap hari.

Sederhananya, media sosial menawarkan platform yang dapat Anda gunakan untuk berhubungan langsung dengan audiens Anda. Daripada harus berjuang untuk membawanya ke situs web atau toko online Anda, mereka sudah menggunakan platform tersebut. Anda masih harus menempatkan strategi di tempat yang membantu Anda diperhatikan dan membangun koneksi dengan audiens sosial tersebut, tetapi potensi jangkauan platform tidak dapat dipungkiri.

Tingkatkan pendapatan secara langsung

Jika Anda mencari klien dan pelanggan baru, maka platform media sosial dapat menawarkan Anda cara langsung untuk memastikan pemasaran Anda menjangkau mereka. Sebagian besar platform, termasuk Facebook, Twitter, dan Youtube, memiliki jaringan iklan yang terhubung langsung dengannya. Dengan membuat iklan yang dibuat khusus untuk platform, Anda dapat meningkatkan jangkauan dan visibilitas produk dan layanan Anda, yang mengarah ke pelanggan baru.

Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda ditujukan khusus untuk mereka yang paling mungkin mengonversi juga. Iklan bertarget dapat digunakan untuk menarik demografi yang paling mungkin tertarik pada layanan Anda, menggunakan faktor-faktor seperti usia, lokasi, pekerjaan, dan minat. Pemasaran ulang dapat mengambil langkah lebih jauh, menargetkan mereka yang telah mengunjungi situs web Anda sebelumnya.

Dorong lalu lintas ke situs web Anda

Oleh sebagian besar akun, situs web adalah inti dari strategi pemasaran online Anda. Di sinilah pelanggan Anda dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan, di mana Anda dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan, dan menawarkan mereka jalur langsung untuk berhubungan, untuk membeli, atau untuk mencari dukungan. Meningkatkan lalu lintas ke situs web yang dirancang dengan baik dan bermanfaat akan meningkatkan konversi pelanggan. Namun, banyak bisnis yang kesulitan mendapatkan pengunjung ke situs web mereka.

Media sosial bukan satu-satunya alat yang digunakan untuk meningkatkan lalu lintas (nanti kami akan membahas tentang  SEO ), tetapi jika Anda tidak menggunakan platform, Anda mungkin kehilangan jalur organik yang dapat diikuti pelanggan hingga berakhir di situs Anda. Membuat profil yang ditautkan ke halaman Anda dan menggunakan platform jaringan untuk berbagi konten menarik yang dihosting di situs Anda bertindak sebagai alas sambutan. Dari sana, mereka dapat membagikan tautan itu kepada orang lain atau menjelajahi situs lebih jauh jika Anda berhasil melibatkan mereka secara efektif.

Tumbuhkan prospek baru

Mayoritas bisnis menggunakan media sosial untuk menemukan petu

Berdayakan upaya SEO Anda

Optimisasi mesin pencari adalah praktik pemasaran online yang telah menjadi sama di mana-mana dan sama pentingnya dengan pemasaran media sosial. Ini adalah praktik meningkatkan peringkat mesin pencari Anda sehingga lebih banyak pengguna web dapat menemukan situs Anda secara lebih alami. Banyak SEO adalah tentang memastikan bahwa situs web Anda  ramah Google , dengan konten yang ditulis dengan baik dan berharga. Namun, mereka dapat meningkatkan peringkat Anda juga.

Mesin pencari seperti Google menghargai relevansi dan popularitas halaman web. Dengan membagikan konten Anda, Anda dapat meningkatkan peringkat halaman dengan setiap klik. Selanjutnya, Anda dapat membangun peringkat profil Anda sendiri, membantu meningkatkan pengenalan dan visibilitas merek.

Bangun koneksi dengan pelanggan Anda

Media sosial dapat digunakan semata-mata sebagai saluran pemasaran, tetapi kenyataannya media sosial berpotensi menjadi lebih banyak. Ini bisa menjadi rumah bagi komunitas online yang tumbuh di sekitar merek Anda. Saat kehadiran merek Anda di media sosial tumbuh, semoga pengikut Anda juga tumbuh. Di antara pengikut tersebut, beberapa akan lebih cenderung melibatkan merek Anda secara langsung.

Dengan menjawab pertanyaan, terlibat dengan percakapan, dan memberikan dukungan, Anda dapat membangun koneksi ke pelanggan yang menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas. Orang-orang jauh lebih mungkin terlibat lebih jauh dengan perusahaan yang berkomunikasi langsung dengan mereka, daripada hanya membaca materi pemasaran dan posting blog secara pasif. Ini dapat sangat meningkatkan reputasi Anda di antara pelanggan Anda, menciptakan penggemar merek yang loyal jika Anda cerdas.

Sebarkan berita positif dari mulut ke mulut

Penggemar merek tersebut dapat membantu Anda menumbuhkan perusahaan lebih jauh dengan membawa pesan Anda jauh dan luas. Pengalaman positif antara pelanggan dan merek menciptakan loyalitas tetapi, di media sosial, Anda juga memiliki audiensi untuk pengalaman itu. Ini adalah bagian dari potensi viral jejaring. Sebuah perusahaan yang pendekatannya terhadap kepuasan pelanggan menarik perhatian dapat dengan cepat menemukan diri mereka terlibat dengan pelanggan baru yang tertarik pada reputasi baik itu.

Membangun pengikut yang sehat di media sosial juga merupakan pendorong bagi bisnis Anda. Ini bertindak sebagai bukti sosial positif, menunjukkan pada pasar bukti bahwa bisnis Anda telah mendukungnya. Karena itu, sangat berharga untuk didukung.

Dapatkan wawasan tentang bisnis Anda sendiri

Media sosial menawarkan analitik yang dapat Anda gunakan untuk melacak keberhasilan dan kegagalan kampanye pemasaran online Anda  . Dengan melihat berapa banyak orang mengklik tautan Anda, membagikan posting Anda, atau terlibat, Anda dapat memperkuat strategi yang berhasil dan menemukan kelemahan yang bisa menggunakan sedikit pekerjaan tambahan.

Namun, Anda dapat melampaui analitik untuk mendapatkan pemahaman yang jauh lebih luas tentang persepsi merek Anda. Mendengarkan sosial adalah tentang memperhatikan apa yang pelanggan, influencer, reporter, pesaing, dan lainnya katakan tentang merek Anda, tentang tren pasar, dan tentang industri secara umum.

Dengan mengikuti menyebutkan nama merek Anda, nama pengguna, dan istilah-istilah lain yang relevan, Anda bisa mendapatkan wawasan nyata tentang apa yang orang suka atau tidak suka tentang produk dan layanan Anda, poin rasa sakit pelanggan Anda dapat alamat, dan sebagainya Beberapa platform, seperti Twitter, menggunakan tagar yang memudahkan untuk mengikuti diskusi seputar topik tertentu, juga.

Belajar dari pesaing Anda

Mengetahui saingan Anda dapat membantu Anda menumbuhkan bisnis Anda dan tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar tentang mereka daripada mengikuti mereka dan pelanggan mereka di media sosial. Dengan memantau upaya pemasaran mereka sendiri, Anda dapat melihat pos mana yang lebih sukses, dan yang sebagian besar diabaikan. Dengan demikian, Anda dapat membangun kesuksesan mereka sambil belajar dari kegagalan mereka.

Meskipun beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai kejam, Anda bahkan mungkin bisa memanfaatkan kegagalan itu lebih jauh. Misalnya, dengan mengikuti menyebutkan merek mereka, Anda dapat menemukan pelanggan yang tidak puas dan membalas dengan tweet, posting, atau komentar yang membahas titik sakit mereka secara langsung, menyoroti merek Anda sendiri sebagai alternatif yang Anda butuhkan.

Menjadi pemimpin pemikiran

Reputasi dan integritas merek sangat berharga. Jika orang menghormati merek Anda dan melihatnya sebagai otoritas dalam industri, maka itu berarti mereka lebih cenderung menjadi pelanggan Anda daripada bergabung dengan pesaing.

Dengan berbagi konten hebat melalui media sosial, berkontribusi dalam percakapan, dan membangun jaringan dengan para pemimpin industri lainnya untuk berbagi konten mereka dan terlibat dalam diskusi mereka, Anda dapat membangun reputasi yang sangat berharga. Selain membuat perusahaan Anda terlihat seperti pilihan utama, ini juga dapat membuka  peluang PR , seperti artikel tamu di publikasi web tepercaya dan banyak dibaca.

Di mana Anda mulai?

Semoga poin-poin di atas telah membuktikan nilai media interaktif dan memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat mulai menggunakannya untuk mengembangkan jualan online Anda. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, WSI dapat membantu. Layanan pemasaran media sosial kami dapat membantu Anda membangun kehadiran Anda, mengejar pesaing Anda, dan mulai membuka jalan untuk memiliki strategi pemasaran yang secara langsung akan berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda.

njuk baru untuk memelihara dan mengubahnya menjadi pelanggan. Ada berbagai cara untuk melakukan ini. Misalnya, hypermedia digunakan secara luas untuk berbagi konten, seperti posting blog, yang mungkin menarik bagi pembaca. Anda dapat membuka konten tertentu, yang artinya pengguna harus mendaftar untuk membaca lebih banyak tentang topik yang mereka minati. Ini memberi Anda garis pada alamat email mereka, yang dapat digunakan untuk memandu mereka menuruni saluran penjualan lebih lanjut.

Cara lain untuk menumbuhkan prospek termasuk menjalankan kontes untuk produk gratis, diskon atau hadiah, di mana pelanggan harus memberikan beberapa detail pribadi untuk masuk. Atau Anda dapat meng-host hangout, webinar, atau video langsung, menjawab pertanyaan, atau memberikan konten informatif dan pendidikan. Setelah Anda mendapatkan detail pelanggan itu, Anda bisa menggunakan taktik seperti pemasaran email untuk menutup transaksi.