Kredit dewasa ini menjadi sangat mudah. Ada banyak perbankan yang menawarkan kredit kepada masyarakat dalam bentuk berbagai program kredit unggulan. Salah satunya adalah program Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang bisa memberikan pinjaman dalam jumlah besar hingga ratusan juta tanpa perlu memiliki jaminan surat berharga sekalipun. Bank tidak akan meminta dan menyimpan jaminan dari nasabah asalkan nasabah memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bank pemberi pinjaman. Hampir semua bank kini memiliki program kredit ini yang memberi keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih kredit dari bank mana yang sebaiknya digunakan.

Saat mengambil kredit, pastinya seseorang berada dalam kondisi membutuhkan uang sehingga bisa jadi bank mana saja yang bersedia memberi pinjaman langsung dijadikan tempat meminjam. Padahal dalam memilih sumber kredit, Anda tak boleh buru-buru. Hal ini akan berpengaruh terhadap proses pembayaran kredit Anda selama jangka waktu masa tenor. Semakin teliti dalam memilih penyedia kredit maka semakin besar kemungkinan Anda bisa mendapatkan proses kredit yang lunak.

Berikut ini adalah point apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan saat akan memilih sumber kredit untuk program pinjaman tanpa agunan:

1. Syarat

Sebelum memilih bank mana yang akan digunakan sebagai sumber kredit, tentu saja Anda harus memenuhi persyaratan yang diberikan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kredit tanpa agunan, syarat yang diberikan umumnya sama yaitu tidak memiliki masalah kredit yang tercatat di OJK dan memiliki penghasilan yang dapat dibuktikan dengan nominal terkecil sekitar Rp. 3 juta. Syarat lainnya yang lebih khusus antara lain, beberapa bank hanya memberikan kredit ini untuk nasabah yang telah memiliki dan menggunakan kartu kredit minimal 1 tahun.

2. Bunga

Perhitungan bunga yang dibebankan pada nasabah akan mempengaruhi besaran angsuran yang nantinya harus Anda bayarkan. Sekarang ini bank berlomba memberikan bunga yang paling rendah kepada nasabah sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari kredit yang paling ringan. Namun perhatikan dengan baik sistem perhitungan bunganya dan carilah bank yang menggunakan sistem bunga flat sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah kenaikan suku bunga.

3. Denda

Baca dengan teliti peraturan yang diberikan pihak bank dalam memberikan kredit. Besaran bunga, denda dan biaya harus Anda perhatikan betul agar nantinya Anda mengetahui konsekuensi setelah terjadi proses kredit. Dengan begitu Anda juga bisa menghindari pembayaran tagihan yang tidak semestinya.

4. Cara Pembayaran

Pilihlah bank penyedia kredit yang memiliki cara pembayaran paling mudah. Umumnya bank langsung melakukan auto debet terhadap rekening Anda untuk membayarkan tagihan sehingga Anda perlu memikirkan akses yang paling cepat untuk mengisi rekening Anda di bank tersebut sebelum jatuh tempo. Pilihlah bank yang memiliki ATM setoran atau cabang di dekat rumah maupun domisili Anda untuk mempermudah proses pembayaran.

Itulah point-point yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memiliki bank sumber kredit untuk mendapatkan KTA yang ringan dan lebih nyaman. Perlu diingat bahwa meski Anda memenuhi persyaratan dan dapat meminjam dalam jumlah yang besar, akan tetapi sebaiknya hanya mengambil pinjaman sebesar kebutuhan saja sehingga tidak memberatkan Anda nantinya. Gunakan uang pinjaman kredit dengan bijaksana apalagi karena jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan dengan sistem pinjaman tanpa agunan ini umumnya lebih besar dibandingkan pinjaman yang memakai jaminan di bank. Bayar tepat waktu agar terhindar dari denda dan nama Anda tetap baik di dunia perbankan.