Mengatasi Komplain atas Pemasaran Produk Anda – Komplain adalah bagian dari bisnis. Sebagai pebisnis, kita harus terbiasa menghadapi banyak marketing komplain. Bukan berarti kita membiasakan diri untuk tidak bekerja secara profesional dan sempurna, melainkan karena pada kondisi psikologis konsumen yang selalu cenderung tidak puas dengan apapun kondisinya. Berikut ini adalah tips ringan Mengatasi Komplain atas Pemasaran Produk Anda, yang mungkin bisa Anda lakukan ketika Anda sedang menghadapi Klien.

Pahami pskiologis klien

Yang pertama, pahami kondisi psikologis sang klien. Biasanya, komplain terjadi karena kondisi produk yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh klien kita. kita harus mampu memahami kondisi psikologis mereka yang merasa kecewa pada kondisi produk yang mereka dapatkan. Kita juga harus bisa menempatkan dimana kita bukan lagi sebagai pedagang yang akan berusaha mati-matian mempertahankan pendiriannya, tetapi sebagai mitra dari konsumen. Hal ini adalah bagian dari manajemen pemasaran kita.

Mengatasi Komplain atas Pemasaran Produk Anda

Mengatasi Komplain atas Pemasaran Produk Anda

Kunci nya adalah harus bisa berkomunikasi

Kunci dari permasalahan menghadapi komplain pelanggan adalah kemampuan berkomunikasi. Bagaimana anda akan memahami komplain pelanggan jika anda tidak bisa berkomunikasi dengan mereka? Tempatkan diri anda dalam posisi klien sehingga anda dapat sedikit memahami perasaan mereka sebagai pembeli. Nah, untuk itu anda harus bisa mengkomunikasikan inti persoalan dengan mereka. Anda harus cukup tahan untuk menghadapi komplain dari para pelanggan seburuk apapun cara mereka menyampaikan pada kita. Cara ini adalah bagian dari strategi pemasaran kita. Strategi yang jitu adalah strategi yang memiliki banyak solusi dan kemungkinan. Memelihara hubungan dengan konsumen juga merupakan sebuah usaha yang sangat baik.

Cari solusi bareng bareng

Petakan semua masalah komplain dari pelanggan, lakukanlah analisis secara cepat, apakah anda pernah mendapat keluhan serupa sebelumnya? Jika keluhan tersebut sudah pernah terjadi sebelumnya, solusi apa yang pernah Anda tawarkan dan terapkan sebelumnya? Apakah solusi yang anda tawarkan tersebut berhasil mengatasi keluhan pelanggan? Jika berhasil, Anda bisa kembali menggunakan solusi tersebut untuk menangani keluhan yang kali ini disampaikan pelanggan. Penting bagi Anda untuk mencatat setiap komplain yang masuk dan cara-cara yang Anda lakukan untuk menanganinya. Apabila anda menemukan komplain yang terus menerus disampaikan pelanggan, hal ini dapat anda jadikan sebagai peringatan keras bahwa Anda harus mengambil tindakan serius.

Mengakui kesalahan

Bagaimanapun, kita harus mengakui bahwa pemasaran produk adalah sebuah hal rumit yang berhubungan dengan banyak hal. Kita harus menyadari bahwasanya untuk Mengatasi Komplain atas Pemasaran Produk Anda adalah menggabungkan aspek psikologi antara kita dengan konsumen, aspek kemampuan berkomunikasi kita serta aspek sosiologi dimana hubungan sosial menjadi sebuah aspek yang cukup menentukan. Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan yang dapat menentukan hidup matinya perusahaan. Sepanjang kita cukup pintar untuk mengkombinasikan aspek aspek di atas, kita akan dapat menghindari konflik frontal dengan konsumen serta kita akan memiliki potensi untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

sumber : goodbizid.com