Rumah adalah kebutuhan yang harus dipenuhi di mana tempat untuk melindungi diri dari panasnya matahari dan hujan yang dingin. Semua orang memimpikan rumah yang nyaman. Di mana kita bisa tidur nyenyak dan aman.

Banyak orang membeli rumah dengan kredit atau tunai. Ada juga yang membangun rumah sendiri. Membangun rumah Anda sendiri tentu tidak mudah. Biaya awal yang tinggi dan waktu yang lama membuat orang enggan membangun rumah sendiri.

rumah minimalis

Namun, apa yang membuat saya tertarik untuk membangun rumah sendiri bukan hanya karena lebih murah, tetapi juga karena saya dapat menyusunnya sesuai dengan impian saya.

Dalam pengalaman saya, berikut adalah beberapa tips untuk membangun rumah Anda sendiri, yaitu:

1. Percaya dan coba

Memiliki kepercayaan yang kuat bahwa kita dapat membangun rumah Anda sendiri adalah hal yang penting, jadi bagi saya itulah poin pertama. Keterbatasan dana adalah faktor yang paling berpengaruh bagi orang yang enggan membangun rumah. Tapi percayalah kepada saya jika Anda yakin Anda bisa mendapatkannya bahkan dengan dana terbatas.

2. Bangun perlahan

Jika Anda berharap menerima banyak uang, Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk memiliki rumah. Jadi tidak ada salahnya membangun rumah secara bertahap. Misalnya, bangun yayasan dulu. Karena itu, saya membangun secara bertahap. Saya membangun rumah, menghemat uang.

3. Buat rencana untuk membangun rumah

Membuat rencana juga merupakan hal yang penting. Misalnya, proyek rumah seperti apa yang kita inginkan contoh mungkin desain rumah minimalis 2 kamar. Jika Anda menggunakan jasa arsitek, tentu tidak murah.

Untuk mengurangi anggaran ini, saya sering bepergian untuk menemukan inspirasi rumah yang saya inginkan dengan suami saya.

Anda juga dapat menemukan inspirasi untuk mendesain rumah Anda dengan berkonsultasi dengan brosur perumahan baru yang ditawarkan. Selain itu, kami sering menonton program di rumah di televisi.

4. Rekrut tukang dengan gaji harian

Pembangun dapat digunakan secara grosir atau harian. Jika Anda menyewa tukang borongan, Anda pasti akan membutuhkan dana yang signifikan. Sebagai contoh, pembangunan lengkap rumah tipe 90 membutuhkan ratusan juta rupee. Ini hanya para pekerja, belum lagi bahan bangunan. Sementara anggarannya minimal.

Jadi, mensiasatinya mempekerjakan seorang pekerja dengan upah harian. Untuk wilayah Pamulang, gaji pekerja selalu antara 120 dan 150.000 per hari. Sudah untuk orang yang membantu tukang atau tukang (tugas mengaduk semen dan lainnya) sekitar 90 hingga 120.000 per hari.

Pembangunan rumah juga bisa dilakukan hanya dengan 2-3 orang. Bisa juga dengan 1 orang untuk pekerjaan tertentu. Misalnya, banyak pembangun yang dapat memasang tembikar atau mengecat rumah dibuat sendiri. Dan ini sangat bermanfaat jika dana terbatas.

5. Beli bahan bangunan sendiri

Membeli bahan bangunan sendir tentu lebih ekonomis daripada pekerja yang membelinya. Biasanya, setiap tahun, selalu ada promosi skala besar di berbagai supermarket konstruksi. Ketika promo perbedaan harga promo dibandingkan dengan harga normal cukup besar.

Terkadang toko-toko ini juga menawarkan hadiah atau undian jika Anda membeli dalam jumlah tertentu. Lumayan, apalagi ibu sangat senang dengan hal seperti ini.

Juga, jangan ragu untuk membandingkan harga bahan dari satu toko ke toko lainnya. Pernah saya membeli besi di dua toko yang berbeda dengan besi yang sama. Namun harganya sangat berbeda antara dua toko.

Kerjasama antara suami dan istri juga penting untuk pembangunan rumah yang baik. Diskusikan dengan keluarga, dan terutama dengan suami dan istri Anda, mengapa membangun rumah dengan anggaran minimal menghabiskan banyak energi dan kecerdasan.