Madu murni mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Didalam saluran pencernaan manusia, ada bakteri-bakteri baik yang menguntungkan manusia seperti Bifidobakteria serta Lactobacili yang bisa memperkuat kesehatan sistem percernaan orang.

Rajin meminum suplemen alami seperti madu yang didalamnya terkandung probiotik alami dapat menambah populasibakeri ini sehingga bisa memberikan dampa positif untuk kesehatan. Selain itu, madu juga mempunyai efek dalam memperlambat pengosongan lambung. Hal ini sering menjadikan madu dipakai sebagai pengobatan serta pencegahan terhadap penyakit maag ataupun asam lambung.

 

Didalam madu juga terkandung kalsium sebanyak 3-31 mg/ 100 gram gula. Kalsium tentunya sangat bagus untuk pertumbuhan tulang baik pada anak maupun dewasa. Dengan demikian, madu juga bisa mencgah terjadinya osteoporosis pada mereka yang telah memiliki usia diatas 50 tahun.

Selain mempunyai efek yang bagus untuk tulang, madu juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), menaikan kadar kolesterol baik (HDL) serta meningkatkan NO (Nitrit Oksida) NO adalah jenis gas yang memiliki fungsi untuk melancarkan peredaran darah, menjaga kinrja otot jantung serta mengatur tekanan darah. Sehingga madu juga bisa digunakan sebagai suplemen alami untuk mencegah terjadinya penyakit stroke atau jantung.

Selain itu madu juga bisa digunakan sebagai pemanis alami dan sumber energy insan. Hal ini disebabkan didalam 1 sendok the madu murni terdapat 17 gram karbohidrat dengan index glikemik yang cukup rndah apabila dibndingkan dengan pemanis buatan. Madu mempunyai indeks glikemik sekitar 35-48 sementara gula putih yang sering dipakai pemanis memiliki IG 58-65. Sehingga berdasarkan penelitian yang sudah ada, meminum madu ketika berolahraga bisa menambah stamina serta energy tubuh.

Tingginya tingkat radial bebas dapat menimbulkan gangguan pada sel sel tubuh serta menyebabkan penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu dapat menangkal radikal bebas tersebut sealigus mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan olehnya termasuk penuaan dini

Jumlah antioksidan yang ada didalam madu dapat anda lihat dari warna madu, Diyakini jika semakin gelap warna madu maka kandungan antioksidannya juga cukup tinggi. Madu juga bisa membantu proses penyembuhan luka. Ini disebabkan madu memiliki zat antibakteri serta antiseptic yaitu hydrogen peroksida. Selain itu, pH madu yang berkisar antara 3,2-4,5 menjadikannya dia memiliki sifat asam sehingga mencegah bakteri berkembang biak.

Madu juga mempunyai efk antiradang serta kemampuan dalam menyamarkan beks luka. Hal ini disebabkan madu mempunyai manfaat untuk memprcepat proses perbaikan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh terjadinya luka, membantu proses pertumbuhan lapisan kulit yang mengalami kerusakan, menambah kadar kolagen yang sangat bagus untuk membantu perbaikan kulit dan dapat mencegah bekas luka serta keloid

Disebabkan oleh kemampuan yang uniik tersebut, madu kerapkali dipakai untuk terapi alternative dalam emnyembuhkan luka terutama jenis luka bakar dan luka gores.