Cara Merawat Dress Berpayet agar Tidak Mudah Lepas – Pakaian memang perlu perawatan karena tidak semua pakaian terbuat dari bahan yang sama. Salah satunya adalah dress berpayet. Biasanya dress berpayet bisa mudah lepas apabila tidak dirawat dengan baik. Wanita harus tahu cara perawatan dress tersebut agar dress terlihat lebih awet dan tidak mudah lepas. Berikut ini adalah beberapa cara dalam merawat dress berpayet dari azqila.com agar tidak mudah lepas.

Cara Merawat Dress Berpayet agar Tidak Mudah Lepas

cara dalam merawat dress berpayet agar tidak mudah lepas

cara dalam merawat dress berpayet agar tidak mudah lepas

Menaruh dress di dalam lemari gantung

Cara merawat yang pertama mungkin terdengar simpel tetapi banyak diremehkan sehingga banyak yang tidak melakukannya dalam merawat dress berpayet. Biasanya ketika selesai mencuci dress berpayet jika kering lalu dilipat dan kemudian disusun dan diletakkan bersama pakaian lainnya. Hal tersebut bisa diubah mulai sekarang karena dengan melipat dress berpayet akan membuat dress tersebut terlipat tertekuk sehingga membuat dress semakin lentur dan tidak seperti semula. Selain itu payet yang ada di dress bisa mudah lepas karena ditekuk. Cara mengatasinya adalah meletakkan dan menyimpan dress berpayet di dalam lemari gantung. Cara ini bisa membuat dress tetap berada dalam keadaan tegak dan tidak terlipat sehingga payet tidak mudah lepas.

Menyetrika dress berpayet

Menyetrika memang membuat pakaian terlihat lebih rapi dan licin. Hal tersebut memang tidak selamanya bisa membuat semua pakain terlihat lebih rapi dan tidak kusut karena ada beberapa jenis pakaian yang malah membuat rusak jika disetrika. Salah satunya adalah dress berpayet. Payet yang ada di dalam dress akan mudah lepas apabila terkena setrika yang panas. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan setrika uap sehingga tidak membuat payet mudah lepas.

Mengucek dress berpayet

Mengucek pakaian ketika mencuci memang sebagian cara agar pakaian tersebut lebih bersih dari kotoran-kotoran atau debu yang menempel. Akan tetapi tidak semua pakaian bisa diucek karena tidak semua pakaian berbahan sama. Hal tersebut juga berlaku pada dress berpayet. Mencuci dress berpayet dengan cara menguceknya akan membuat payet-payet yang menempel akan mudah lepas karena mendapat gesekan dari gosokan tangan tersebut. cara aman agar payet tersebut tidak mudah lepas ketika mencuci adalah dengan cara merendam dress berpayet menggunakan air dan sabun cuci pakaian selama beberapa menit tanpa mengucek dress tersebut.

Memeras dress berpayet

Selain mengucek dress berpayet tidak diperbolehkan karena bisa membuat payet-payet di dress mudah terlepas. Mencuci dengan memeras dress berpayet juga bisa membuat dress berpayet mudah terlepas. Dress berpayet bisa dicuci tanpa perlu memeras dress tersebut untuk menghilankan air agar mudah kering karena hal tersebut bisa mmebuat dress berpayet mudah terlepas. Cara aman adalah tidak memeras dress berpayet akan tetapi cukup digantung di hanger di tempat yang lebih banyak terkena sinar matahari sehingga dress mudah kering tanpa perlu memerasnya.

Mencuci sendiri

Biasanya karena terlalu malas mencuci atau malah takut dress berpayet tersebut mudah lepas malah membawa dress ke tempat laundry padahal hal tersebut bisa saja membuat dress berpayet tersebut mudah terlepas karena bisa saja pemilik laundry tidak mengetahui bahwa dress tersebut akan mudah lepas payetnya apabila dikucek atau diperas. Cara amannya adalah memisahkan pakaian dress berpayet dengan pakaian lainnya dan mengatakan kepada pemilik laundry kalau dress berpayet tersebut tidak bisa dicuci dengan dikucek atau diperas. Cara lainnya adalah menaruh dress berpayet di tempat dry clean laundry.

Jangan menggunakan mesin cuci

Cara merawat dress yang terakhir adalah jangan mencuci dress berpayet menggunakan mesin cuci karena dapat mengakibatkan manik-manik atau payet tersebut sangat mudah lepas. Cara amannya adalah mencuci sendiri menggunakan tangan serta dalam mencuci harus secara lembut dan pelan agar payet tidak mudah lepas.

Itulah beberapa cara dalam merawat dress berpayet agar tidak mudah lepas. Semoga bermanfaat.