Terlalu banyak orang menganggap mobil sebagai alat yang diletakkan di sini hanya untuk melakukan penawaran kami sampai habis — pada saat itu mereka harus diganti. Mengingat kita berbicara tentang perangkat mekanis, itu bisa dianggap sebagai sikap yang cukup masuk akal.

Namun, sekelompok orang lain memandang mobil sebagai sahabat setia yang akan selalu merawat Anda — selama Anda merawatnya.

Di mana pun Anda jatuh pada spektrum itu, kebenarannya adalah mobil keluarga mampu menempuh ratusan ribu mil dengan perawatan yang baik.

Jadi, jika Anda ingin mobil Anda bertahan lama, pertanyaannya adalah seberapa sering Anda harus mengganti sistem kendaraan utama?

Yah — itu tergantung.

Faktor-Faktor Yang Menentukan Interval Pemeliharaan

Tips Terbaru Cara Merawat Mobil Yang Benar

Tidak ada aturan yang keras dan cepat untuk melakukan perawatan mobil. Pabrikan membuat saran, yang akan Anda temukan di manual pemilik mobil, tetapi jadwal itu sewenang-wenang.

Yang benar-benar menentukan seberapa sering perawatan harus dilakukan adalah cara Anda mengendarai mobil, seberapa sering Anda mengendarai mobil dan kondisi di mana Anda mengendarai mobil.

Jika Anda mengoperasikan mobil Anda seperti pengemudi balap, Anda akan memberi tekanan lebih besar pada ban, transmisi, dan rem. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan kecepatan jelajah di Interstate, barang-barang itu akan mengalami keausan yang jauh lebih sedikit. Jika Anda mengemudi di lingkungan yang berdebu, sistem filtrasi dan cairan Anda akan membutuhkan lebih banyak perhatian daripada jika Anda selalu mengemudi di kota.

Kondisi Operasi Adalah Kuncinya

Untuk mempertimbangkan hal ini, manual pemilik biasanya menawarkan dua set kriteria penjadwalan. Penggunaan “Normal” dan “Severe”. Parah biasanya didefinisikan sebagai beroperasi di lingkungan yang sangat panas, sangat dingin, atau sebagian besar berdebu. Jika Anda terlibat terutama dalam halte dan mengemudi sebagian besar terdiri dari perjalanan singkat dan membawa beban berat atau trailer derek, penggunaan Anda harus dikategorikan sebagai parah dan Anda harus melakukan pemeliharaan lebih sering.

Waktu Bisa Lebih Berarti Daripada Mil

Perawatan pesawat dan kapal biasanya didasarkan pada jam operasi. Ini karena waktu lebih mudah untuk diukur. Sementara 100 mil dari berhenti dan pergi mengemudi jauh lebih sulit di mobil daripada 100 mil kondisi mantap melaju di antar negara bagian. Namun, 100 jam operasi adalah 100 jam terlepas dari bagaimana kendaraan itu digunakan.

Ini ikut bermain dengan mobil untuk barang-barang seperti ban, yang harus diganti setiap enam tahun atau lebih, terlepas dari seberapa usang (atau tidak dipakai) mereka. Banyak ahli merekomendasikan penggantian oli mesin setiap 12 bulan terlepas dari jarak tempuh. Sementara Anda melakukannya, merupakan ide bagus untuk membandingkan tarif asuransi mobil dengan jadwal yang sama untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan terbaik dengan harga paling terjangkau.

Item Perawatan Umum

Minimal Anda harus mengganti oli engine, cairan transmisi, dan minyak rem secara berkala — lagi tergantung pada gaya penggunaan Anda. Ini juga harus diperiksa secara rutin untuk memastikan Anda selalu memiliki jumlah yang cukup di dalam mobil Anda. Kerusakan yang signifikan dan bahkan kecelakaan dapat terjadi jika dibiarkan habis sama sekali.

Ban harus dimonitor secara ketat untuk keausan dan usia untuk diganti saat dibutuhkan, seperti halnya bantalan rem, bilah penghapus kaca depan dan busi. Masing-masing dianggap item pakai, sebagai keefektifannya secara alami memburuk dengan penggunaan kendaraan. Namun lagi, seberapa cepat kerusakan ini terjadi tergantung pada cara Anda menggunakan mobil dan lingkungan di mana ia dikendarai.

Singkatnya, seberapa sering Anda harus mengganti sistem kendaraan utama benar-benar tergantung pada cara Anda menggunakan mobil Anda. Panduan terbaik Anda dalam hal ini adalah manual pemilik mobil Anda.