Lampu proyektor adalah komponen utama dalam proyektor apa pun. Ini bertanggung jawab untuk menampilkan gambar, informasi, atau video apa pun pada layar besar untuk pemirsa besar. Lampu proyektor ini digunakan di berbagai bidang yaitu pendidikan, bisnis, pemasaran dan sebagainya. Saat ini popularitas mereka semakin meningkat dengan menggunakannya di bioskop rumah dan pemutar DVD.

Sebagian besar bola lampu proyektor terbuat dari halogen yang menghasilkan cahaya yang diperlukan untuk input proyektor. Tapi lampu proyektor halogen memiliki karakteristik bahwa mereka menghasilkan garis cahaya kuning sehingga warna asli gambar atau teks terganggu. Jadi saat ini, lampu terbuat dari logam halida untuk proyeksi. Ini jauh lebih baik karena Penyewaan Proyektor Di Jogja mereka menghasilkan cahaya putih dan menghilangkan keberadaan naungan kuning dalam informasi yang diproyeksikan. Ini juga meningkatkan kejelasan informasi.

Karena lampu proyektor digunakan dalam berbagai bidang, lampu proyektor yang mereka gunakan dan kerjanya akan sedikit berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Tetapi hampir semua proyektor memiliki kesamaan. Hampir semua lampu menggunakan merkuri untuk menghasilkan cahaya dan disebut lampu UHP (Tekanan Sangat Tinggi). Lampu proyektor ini sangat mirip dengan yang ada di jalanan. Ada juga beberapa lampu proyektor yang menggunakan xenon sebagai pengganti merkuri. Ini sangat efisien dan menghasilkan hasil yang berkualitas tinggi dan jelas. Namun ini sangat mahal tetapi pada saat yang sama efektif.

Karena setiap perangkat elektronik memiliki pro dan kontra sendiri, lampu proyektor juga memiliki sendiri. Lampu proyektor sangat bermanfaat karena tersedia setiap saat dan dengan harga yang terjangkau. Bergantung pada kebutuhan dan pemanfaatan berbagai klasifikasi lampu tersedia. Dibandingkan dengan proyektor lain, lampu proyektor LCD memiliki sewa proyektor jogja rentang hidup terbesar dari 1000 hingga 4000 jam. Mereka tampaknya menjadi proyektor paling hemat biaya yang pernah ada. Kualitas lampu ini sangat bagus karena tidak ada banyak kekurangan dalam pencitraan. Apalagi lampu ini tidak membutuhkan banyak perhatian dan perawatan jika dibandingkan dengan semua lampu yang digunakan dalam praktek.

Lampu proyektor juga memiliki beberapa kelemahan dan lebih rumit daripada yang terlihat pertama kali. Beberapa proyektor tidak dilengkapi dengan perumahan dan atau kandang. Lampu proyektor ini adalah yang paling berbahaya. Ketika perumahan atau kandang di bola lampu proyektor tidak ada maka tabung tekanan tinggi rentan terhadap kerusakan. Tabung berisi uap merkuri pada tekanan tinggi. Ketika uap merkuri yang sangat bertekanan ini merembes keluar dari bohlam proyektor, mereka terhirup dan karenanya menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru. Ini membuat hidup kita juga beresiko.