Lampu pada kendaraan bermotor termasuk kelam salah satu sparepart yang sangat penting kegunaannya, terutama jika berkendara pada malam hari sebagai alat penerangan.

Pada sepeda motor lampu utama wajib dinyalakan baik pada siang hari ataupun malam hari, karena sudah peraturan pemerintah. Kalau tidak dipatuhi pasti akan kena tilang.

Lampu utama yang selalu menyala terus bisa beakibat cepat putus dan reflektor bisa meleleh.

Jika diperhatikan sebenarnya masalah ini tidak seberapa, namun setelah dihitung-hitung biaya reparasi lampu yang konslet akibat reflector yang meleleh mencapai ratusan ribu.

Biaya ini juga tergantung pada jenis motor dan kualitas lampu maupun reflector penggantinya. Belum lagi jika Anda memasangnya melalui jasa montir di bengkel, tentu biayanya akan lebih mahal.

Alangkah lebih baik jika Anda mencoba cara memperbaki reflector lampu meleleh sendiri untuk menghemat kantong.

Cara Memperbaiki Reflector Lampu Meleleh

Reflector lampu meleleh diakibatkan karena terlalu lama menyala, terkena air saat menyala, terkena benturan, dan lain-lain.

Memperbaiki reflector lampu meleleh melalui cara memperbaki reflector lampu meleleh sebenarnya mudah saja dilakukan.

Anda hanya perlu melakukannya sesuai dengan tahap yang telah diberikan. Simaklah tahap-tahap dibawah ini agar Anda dapat melakukannya sendiri.

Siapkan Peralatan

Alat-alat yang dibutuhkan adalah obeng, solasi, gunting, tang, dan alat lain seperlunya. Tergantung dari seberapa parah reflector yang meleleh.

Jika reflector lampu yang meleleh telah menyebabkan konslet, maka Anda juga perlu menyediakan kabel baru dan bohlam baru untuk lampu motor.

Pilihlah jenis kabel dan bohlam yang sesuai dengan kapasitas dan daya reflector lampu pada motor Anda. Hal demikian bertujuan agar reflector tidak mudah meleleh dan lampu akan rusak.

Buka kap lampu pada motor

Pastikan motor dalam keadaan mati pada cara memperbaki reflector lampu meleleh. Buka penutup lampu pada motor menggunakan obeng.

Buka secara hati-hati karena bagian ini mudah pecah. Setelah terbuka lepaskan lampu dan lepas bagian putih yang berfungsi untuk memancarkan cahaya lampu.

Tahap Perbaikan

Setelah terbuka, akan terlihat beberapa kabel. Cari kabel yang meleleh. Biasanya kabel yang meleleh terlihat seperti kabel bekas terbakar atau berwarna kehitam-hitaman.

Potong bagian tersebut dan buang. Jika bisa sambungkan bagian bekas potongan yang masih ada. Jika tidak cukup maka bisa diganti kabel lain. Sambung menggunakan taspen atau tang.

Perhatikan bahwa sambungan tersebut benar-benar pas dan cocok. Karena jika sambungan salah akan berakibat fatal. Setelah tersambung cobalah untuk menghidupkan lampu untuk mengecek.

Jika sambungan dirasa sudah benar maka lapisi sambungan dengan solatip atau lakban agar aliran listriknya tidak menyengat. Kemudian pasang kembali semua bagian-bagiannya seperti semula.

Reflector Meleleh Mengakibatkan Konslet

Jika reflector yang meleleh telah mengakibatkan konslet, maka cara memperbaki reflector lampu meleleh yang perlu dilakukan adalah mengganti kabel pada sambungan lampu.

Karena dapat dipastikan kabel-kabel ini juga sudah rusak atau konslet juga. Mengganti reflector dapat dilakukan dengan melepas sambungan reflector yang meleleh dan menggantinya dengan yang baru sesuai posisi semula.

Kabel yang digunakan juga harus sesuai. Yang dimaksud sesuai adalah ukuran, dan daya hantarnya juga sama, serta dalam keadaan yang normal juga.

selain itu periksa juga keadaan kabel-kabel lain. Apakah ada kabel yang meleleh karena disebabkan oleh reflector yang meleleh. Kemudian cek keadaan bohlam lampu.

Jangan sampai lampu kendaraan yang mati malah karena reflectornya meleleh menyebabkan Anda kena tilang oleh polisi.

Dengan mengetahui cara memperbaki reflector lampu meleleh diharapkan dapat mempermudah Anda dalam merawat kendaraan kesayangan Anda. Selain itu juga dapat menghemat budjet Anda.