Peristiwa penting terjadi selama tahun kedua saya. Saya tampaknya terpilih menjadi Sekretaris Kehormatan, berdasarkan pemungutan suara dari anggota klub lainnya. Wow! Itu adalah posisi yang sangat unggul dalam komite. Saya menghadapi emosi yang campur aduk ketika mendengar berita itu. Meskipun saya sangat senang ditunjuk sebagai sekretaris, saya sedikit skeptis dengan kemampuan saya.

Tetapi yang mendorong saya untuk memberikan semua yang saya miliki untuk komitmen sementara ini adalah bahwa ada begitu banyak yang dapat saya eksplorasi tentang menjadi salah satu pemimpin di klub. Seorang anggota klub atau kelompok harus 100% dicelupkan ke wol untuk menjalankan tugasnya, tetapi seorang pemimpin klub atau kelompok perlu berkomitmen dua kali lipat. Pemimpin yang Baik Sepanjang masa pemerintahan saya sebagai sekretaris, saya telah menyelesaikan penelitian sendiri dan menganalisis teman-teman saya yang berada di kapal yang sama dengan saya, dan saya berhasil mencari tahu apa yang sebenarnya diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif yang dapat dilihat orang lain dalam kekaguman.

Inilah pemikiran pribadi saya dan saya ingin membaginya dengan Anda, terutama Anda yang juga mengambil peran kepemimpinan seperti yang saya lakukan sebelumnya …

1. Ambil inisiatif. Orang lain di sekitar Anda biasanya mengandalkan Anda untuk memimpin dalam segala hal yang terkait dengan grup. Jadi, Anda harus mengenakan topi berpikir dan menunjukkan kepada mereka arah yang menurut Anda bermanfaat bagi Anda dan semua orang.

2. Pimpin, tapi jangan mendominasi. Pemimpin yang baik adalah seseorang yang menerima umpan balik dan pendapat orang lain. Dia seharusnya tidak menjadi pemimpin klub yang hanya mendukung sarannya sendiri. Faktanya, lebih banyak otak lebih baik daripada satu! Itulah sebabnya beberapa orang terlibat dalam komite, bukan hanya satu orang.

3. Pemimpin memang melakukan kesalahan, tetapi jangan biarkan kesalahan itu menarik Anda ke tanah. Jadikan itu sebagai batu loncatan bagi Anda untuk komunitas relawan bobby nasution menghasilkan ide yang lebih baik, dan menjadi pemimpin yang lebih baik di masa depan.

4. Jangan mudah menyerah! Orang yang menyerah tidak pernah berhasil. Menyerah di tengah jalan menyiratkan bahwa Anda telah keluar dari tugas Anda. Anda tidak ingin dicap sebagai ‘ayam’ bukan? Jadi buktikan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa Anda bisa mengumpulkan keberanian dan menerima tantangan, apa pun yang terjadi.

5. Yang terpenting, jadilah panutan. Monyet lihat, monyet lakukan. Cara Anda membuat diri Anda sendiri akan mencerminkan pada cara anggota Anda akan melakukan dan apakah grup sedang menuju jalan yang benar. Tunjukkan dedikasi terbaik Anda kepada grup dan komite Anda, dan orang lain akan meniru Anda, dan klub atau grup akan makmur di bawah kendali Anda.

Teman-teman saya, ketika Anda diberi kesempatan untuk mengasah keterampilan kepemimpinan Anda, berikan yang terbaik untuk Anda. Anda tidak dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin, tetapi Anda berhak untuk menjadi seorang pemimpin. Yang perlu Anda lakukan adalah percaya pada diri sendiri dan membuat orang lain percaya pada Anda juga.