Budidaya Bunga Krisan

Posted by

Bunga krisan yaitu type tanaman perdu yang mempunyai banyak spesies, kaya warna tidak sama dan berupa indah menakjubkan serta aromanya yang harum. Bunga krisan kerap jadikan bunga hias di beberapa acara besar serta kerap di buat bunga papan dalam beragam bentuk untuk perkataan selamat, perkataan berhasil dan untuk pengesahan gedung kantor serta yang lain

.

Oleh karenanya, jadi butuh dikerjakan pembudidayaan benih tanaman hias krisanyang baik untuk tingkatkan jumlah bunga. Mengenai dasar praktis untuk membudidayakan benih krisan ini, yakni :

Dasar Pembibitan

  1. Bibit krisan mesti sehat dari hama serta penyakit serta berkwalitas sempurna.
  2. Pembibitan dikerjakan lewat cara vegetatif yakni dengan anakan, stek pucuk, serta kultur jaringan.
  3. Lewat cara stek pucuk, tentukan type tunas bibit yang sehat serta berdaun dewasa tiga helai, lalu semaikan bibit itu pada tempat sejuk serta lembab. Langkah penyimpanan stek daun dapat dibungkus dengan tisu lantas dimasukkan dalam plastik dengan jumlah 50 stek.
  4. Dengan kultur jaringan, jadi ambillah mata tunas dengan silet, stelisasi mata tunas sepanjang 10 menit, lantas basuh dengan air serta tanam dalam medium MS yang padat
  5. Penyiapan bibit pada taraf komersial dikerjakan dengan stock tanaman induk, serta perbanyakan vegetatif induk lewat cara pemangkasan pucuk, penumbuhan cabang primer, serta penumbuhan cabang sekunder.
  6. Penyemaian bisa dikerjakan pada tempat berbentuk bak sesuai sama keperluan. Dengan cara kultur jaringan, jadi bibit dipindahkan pada persemaian berpasir serta pakai plastik tembus sinar.
  7. Pemeliharaan ketika penyemaian dikerjakan dengan penyiraman teratur 2-3 kali satu hari.
  8. Sesudah umur 10-14 hari penyemaian serta berdaun 5-7 helai, jadi bibit bisa dipindahtanamkan ke tempat terbuka.

Dasar pemrosesan media tanam

Bentuk bedengan memakai cangkul untuk menggemburkan tanah serta keringkan sepanjang 15 hari, serta kerjakan pengapuran pada tanah berbentuk kapur pertanian seperti kalsit, dolomit, zeagro lewat cara menebarkannya dengan cara rata pada permukaan bedengan, Kontraktor Taman.

Dasar penanaman

  • Tanam benih bunga krisan pada tanah sedalam 2 cm serta padatkan tanah pada permukaan bibit.
  • Kerjakan pemupukan dari mulai usia 1 bln. sesudah tanam, dengan menebarkan pupuk sekali satu minggu serta setelah itu sekali satu bulan.

Dasar pemeliharaan tanaman

Kerjakan penyiraman dengan teratur saat pagi serta sore hari serta kerjakan penyiangan bersihkan rumput liar dengan cangkul.

Dasar panen krisan

Bunga krisan bisa dipanen sesudah 1/2 mekar atau 3-4 hari sebelumnya mekar penuh. Upayakan panen dikerjakan saat pagi hari yang bersuhu rendah, dengan dua langkah yakni memotong tangkainya saja dengan gunting, atau dapat mencabut semua tanamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *