Cara Mendaftarkan PT Melalui Biro Jasa Izin Usaha

Cara Mendaftarkan PT Melalui Biro Jasa Izin Usaha

Posted by

Saat ini untuk mendirikan perseroan terbatas atau disingkat PT bukanlah hal yang sulit. Jika anda ingin membuat badan usaha berbentuk PT, anda juga bisa mengurusnya lewat bantuan biro jasa izin usaha. Melalu biro jasa itu anda akan dibantu untuk mengurus perizinan PT sampai disetujui oleh negara.

Untuk mendirikan PT, ada prosedur yang perlu anda lakukan. Selain beberapa dokumen lain yang perlu anda siapkan, hal ini juga tak kalah penting. Dengan dibantu oleh biro jasa, anda perlu menyiapkan diri untuk mengurus beberapa hal-hal berikut ini:

  1. Persiapkan data pendirian PT. Terlebih dahulu anda perlu menyiapkan nama PT anda, minimal harus menggunakan 3 suku kata, tak boleh menggunakan nama PT yang sudah ada dan tidak diperbolehkan menggunakan kata serapan asing. Setelah itu, anda tentukan pula alamat PT anda, tujuan anda mendirikan PT, struktur permodalan, struktur pengurusan PT, dan sebagainya.
  2. Membuat akta pendirian PT. Anda perlu membuat akta pendirian PT pada notaris. Notaris sudah harus terdaftar di kemenkumham. Semua orang yang ikut mendirikan PT perlu menandatangani akta tersebut di hadapan notaris.
  3. Pengesahan SK menteri terhadap pendirian PT. Setelah membuat akta pendirian PT ke notaris, selanjutnya notaris akan mengajukannya kepada menteri hukum dan ham. Kemudian menteri akan memberika SK pengesahan badan hukum terhadap PT tersebut.
  4. Pengurusan domisili ke kelurahan. Anda perlu membuat surat keterangan alamat perusahaan dengan mengurusnya ke kelurahan setempat.
  5. Pembuatan NPWP.PT anda nantinya akan dikenai pajak, jadi anda perlu membuat NPWP ke kantor pajak.
  6. Pengurusan surat izin industri. Ketika membuat PT yang bertujuan untuk bisnis, anda pun perlu mendapatkan surat izin usaha industri.
  7. Pengurusan tanda daftar perusahaan. PT anda yang sudah berbadan hukum wajib didaftarkan ke dalam daftar perusahaan. Hal tersebut telah diatur dalam pasal 5 ayat 1.

Demikianlah prosedur dalam mendaftarkan PT mengunakan biro jasa izinusaha. Tentunya hal tersebut akan lebih mudah dibanding anda mengurusnya sendiri. Selamat menjalnkan bisnis anda melalui PT. Semoga informasi ini membantu anda.