Berkenalan Dengan Alat CPAP & Sleep Apnea

Posted by

Pernapasan adalah salah satu sistem penunjang kehidupan manusia. Ketika sistem ini mengalami permasalahan, secara otomatis kesehatan manusia akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan pernapasan yang langka dan tidak dialami oleh banyak orang adalah tertutupnya saluran pernapasan yang terjadi saat sedang tertidur. Menurut istilah medis ini yang dinamakan syndrome sleep apnea.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai penyakit ini ?

Jangan beranjak dari tempat duduk anda dan silahkan lanjutkan membaca !

Pengertian syndrome sleep apnea.

jual cpap

Tidak banyak yang mengetahui penyakit ini. Sleep Apnea juga tidak dialami oleh banyak orang. Hanya sebagian orang yang mengalaminya.

Bagaimana penyakit ini bisa terjadi ?

Sleep Apnea adalah sebuah penyakit tertutupnya saluran pernapasan saat dalam kondisi tertidur. Pada kondisi tidur, otot dinding tenggorokan akan rileks atau mengendur. Hal ini tidak menimbulkan permasalahan berarti.

Lain halnya dengan penderita gangguan sleep apnea. Otot dinding tenggorokan bisa menjadi sangat kendur sehingga mempersempit saluran pernapasan hingga menutupnya.

Salah satu ciri orang dengan gangguan sleep apnea adalah tidur mendengkur. Namun tidak semua orang mendengkur pada saat tertidur adalah penderita sleep apnea.

Berbahayakah sleep apnea ?

Umumnya tidak berbahaya karena pada saat kondisi saluran pernapasan tertutup secara otomatis atau reflek otak akan mengirimkan signal yang akan membuat terbangun. Ada beberapa dampak negatif yang dialami penderita sleep apnea yaitu kualitas tidur yang jelek sehingga aktifitas dalam siang hari akan cepat lelah dan tidak vit.

Mengatasi Sleep Apnea

Apakah syndrome sleep apnea dapat disembuhkan ? Sleep apnea dapat ditangani dengan menggunakan dua cara atau metode.

Pertama dengan metode pembedahan. Sedangkan cara yang kedua dan ini adalah cara yang paling direkomendasikan yaitu dengan menggunakan alat CPAP.

Apa itu CPAP ?

CPAP adalah continuous Positive Air Way Pressure yaitu sebuah alat bantu yang dapat mengalirkan udara bertekanan yang dialirkan masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung atau mulut. Hal ini akan menjaga apabila terjadi penyempitan saluran pernapasan agar tetap terbuka.

Beberapa hal mengapa penggunaan alat ini lebih direkomendasikan dari pada pembedahan adalah karena resiko lebih ringan, efektifitas tinggi, pemakaian mudah. Selain itu, untuk mendapatkan alat CPAP ini juga tidak susah, anda bisa membelinya di toko alat kesehatan yang jual cpap berkualitas dengan harga yang murah.

Pemakaian CPAP dilakukan pada saat akan tidur dengan cara memasang masker di hidung atau keduanya tergantung dari masker yang digunakan.

Yang perlu diperhatikan bila anda memutuskan untuk menggunakan alat ini. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda, berapa tekanan yang pas untuk kondisi sleep apnea yang anda alami.

Karena pemberian tekanan harus pas dan yang paling mengerti akan hal ini adalah dokter.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *