Kayu Sengon Sang Primadona Baru Perkebunan Malang

Posted by

Kayu Sengon Sang Primadona Baru Perkebunan Malang

Seringkali saya berkeliling ke daerah selatan Malang seperti Turen, Dampit, Wajak dan Tirtoyudo. Di perjalanan menuju malang selatan ada yang menarik yaitu banyaknya pembibitan kayu seperti sengon, mahoni , dan berbagai bibit kayu keras lainnya. Prospek bisnis kayu saat ini mulsi dlirik.Sebgian besar pertanian sayur – mayur dan perkebunan tebu mulai beralih menjadi tanaman kayu. Hal ini diakibatkan oleh harga pertanian yang selalu turun saat panen, sehingga mengakibatkan petani mengalami kerugian. Harga pertanian yang kurang menghasikan membuat para petani berubah,harga kayu yang stabil dan tidak memerlukan perawatan yang ekstensif menjadi pilihan para petani jual bibit sengon solomon.

Selain itu pada masa awal – awal penanaman kayu sengon lahan masih bisa ditanami dengan tanaman lainnya seperti cabai, tomat, jahe, kunyit dll.Dengan itu selain mendapat hasil dari kayu pada tahap tahap awal petani mendapat pemasukan dari tanaman samping.

Kayu Sengon jadi primadona baru petani Malang Tanaman Sengon banyak dijumpai di daerah wajak, bulululawang, turen , hingga pakisaji. Tanaman Sengon yang mudah tubuh dan cepat panen jadi alasan banyak petani pindah. Harga yang stabil juga membuat kayu senggon dipilih sebagai investasi jangka panjang. Berbagai petani menamam sengon untuk biaya anak sekolah. Tanaman Sengon dapat tumbuh di berbagai lahan pertanian seperti kebun , tegalan , dan sawah. kebnyakan area sengon ditanam di kebun kebun warga.

Kebun kayu sengon di lereng wisata Coban Sewu , Lebakharjo, Ampelgading Tanaman ini cepat tumbuh di daerah berpasir, perbukitan daerah wajak banyak ditemuin tanaman ini. Menanam sengon dapat dijadikan alternatif baru sebagai bisnis. Bisnis ini cukup menjanjikan karena tidak pernah merugikan. Kayu sengon berumur kira kira 2 tahun di lereng wisata coban sewu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *