Kontraktor Kubah Masjid Di Malaysia

Posted by

Kontraktor Kubah Masjid Di Malaysia – Masjid Shat Gombuj di Bangladesh dimaksud sebut jadi Masjid paling Impresif dari masa negara itu masih tetap jadi sisi kesultanan Tughlaq.

Nama masjid tua bersejarah di Bangladesh ini memanglah sedikit membingungkan. Orang Bangladesh mengatakannya ‘Shat Gombuj Masjid’ yang bermakna Masjid 60 Kubah, sedang kubah masjid ini jumlahnya yaitu 81 kubah bukanlah 60 kubah. Yang sejumlah 60 malah yaitu pilar pilar atau tiang tiang yang berada di dalam masjid bukanlah kubahnya, Kontraktor Kubah Masjid.

Masjid Sha? Gombuj atau The Sixty Dome Mosque atau Sha? Gombuj Moshjid serta lebih di kenal dengan nama Shait Gambuj Mosque atau Saith Gunbad Masjid atau 81 Dome’s Mosque, yaitu masjid tua di Bagerhat, Bangladesh yang telah tercatat jadi cagar budaya dunia UNESCO di th. 1985.

Masjid ini adalah masjid paling besar di Bangladesh yang sempat dibuat di masa negara itu masih tetap berupa Kesultanan serta sekalian juga adalah masjid tua bersejarah yang dimaksud sebut jadi Bangunan monumental Islam yang paling impresif di semua jazirah India.

Mulai sejak th. 1985 Masjid Shat Gombuj ini sudah terdaftar jadi website warisan dunia UNESCO.

Masjid Shat gombuj memiliki ukuran panjang 160 kaki, serta lebar 108 kaki hingga luas ruang masjid ini menjangkau 17280 kaki persegi, dibuat di era ke 15 masehi atas rancangan arsitek Khan Jahan Ali dengan gaya Tughlaq, Kontraktor Kubah Masjid Di Malaysia.

Di pertengahan era ke 15, Sekumpulan golongan muslimin mulai membuat kampung di dalam rimba mangrove di daerah Sundarbans, dekat dengan pantai di distrik Bagerhat di pimpin oleh seseorang tokoh muslim yang di kenal dengan nama Khan Jahan Ali.

Beliau jadi tokoh paling utama kota itu dimasa pemerintan Sultan Nasiruddin Mahmud Shah, yang lalu di kenal jadi ‘Khalifalabad’. Khan Jahan menghiasai kota yang dibuatnya dengan selusin masjid serta dari demikian banyak masjid itu yang di ketahui yaitu Masjid Shat Gombuj ini.

Masjid Shat Gombuj ini adalah masjid yang paling populer dari masa kesultanan itu serta di ketahui jadi masjid paling besar dalam ukurannya sekalian adalah masjid paling besar dengan kubah banyak pada eranya.

Pembangunan masjid ini diawali pada th. 1442 serta usai pada th. 1459. Terkecuali dipakai jadi tempat sholat, masjid ini dipakai jadi Madrasah serta ruangan pertemuan, Kontraktor Kubah Masjid Di Malaysia.

Tembok masjid Masjid Sha? Gombuj dibuat tidak umum karna di buat demikian tidak tipis layaknya seperti satu benteng, batu batanya di buat tirus yang disebut keunikan batu bata di masa Tughlaq. atap masjid ini terbagi dalam 77 buah kubah yang dibuat tidaklah terlalu tinggi, 77 kubah ini terbagi dalam 11 baris kubah dalam 7 banjar ditambah sekali lagi dengan kubah di masing masing empat penjuru bangunannya hingga keseluruhnya kubahnya jadi 81 kubah.

Interior Masjid Shat Gombuj

Dari 81 kubah di atap masjid serta di puncak empat menaranya tersebut masjid ini lalu di kenal jadi Masjid 81 kubah atau 81 Dome’s Mosque. Walau mempunyai empat menara, cuma dua dari empat menara itu yang (dahulu) dipakai jadi tempat menyuarakan azan.

Sisi dalam masjid ini di domonasi oleh demikian banyak pilar serta lorong yang terwujud di antara pilar pilar itu. masing masing pilar bundar dikaitkan dengan lengkungan. Banyak pilar serta lengkungan ini yang disebut penopang susunan atap masjid.

Ada 7 lorong melintang didalam masjid serta 11 lorong membujur didalam masjid ini yang terwujud di antara tiang tiang masjid yang terbagi dalam 60 pilar pilar bundar dari batu. Dinding masjidnya sendiri begitu tidak tipis menjangkau sampai enam kaki serta sedikit tirus membuatnya benar benar seperti satu benteng.

Dengan ukurannya yang lumayan besar, masjid ini diperlengkapi dengan 11 pintu masuk berlengkungan besar di bagian timur serta masing masing 7 pintu di bagian utara serta selatan yang berperan jadi ventilasi udara serta masuknya sinar kedalam masjid. Gaya arsitektur masjid ini menghadirkan gaya arsitektur masa kekuasaan Tughlaq yang sempat berkuasa di jazirah India serta masjid ini adalah satu diantara warisan dari masa itu, Kontraktor Kubah Masjid Di Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *