Memanjangkan Kuku Haram?Benarkah?

Posted by

 

sebagian orang menggemari kuku yang panjang lagi bersih, mengasuh kuku panjang jadi kesenangan untuk sebagian orang.
tetapi sesungguhnya gimana islam memandang masalah ini? gimana hukum memanjangkan kuku dalam islam?

Baca Juga :
Paket Umroh Desember 2017
Paket Umroh Plus Dubai Desember 2017

islam mengarahkan bakal kemuliaan manusia. sedangkan memanjangkan kuku, identik dengan fauna. karna itu, islam melarang umatnya memanjangkan kuku. buat menampilkan jati diri mereka bagaikan manusia yang berubah dengan fauna.

abu ayyub angkatan laut (AL) azdi menggambarkan

“ada seorang yang menghadiri nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. ia bertanya pada dia menimpa berita langit. rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

“ada orang diantara kamu yang bertanya tentang berita langit, sedangkan ia perkenankan kukunya panjang serupa cakar burung, dengan kuku itu, burung mengumpulkan janabah dan juga kotoran, ” (hr. ahmad 23542, al-baihaqi dalam sunan al-kubro 861, dan juga hadis ini dinilai dhaif oleh syuaib al-arnauth).

buat seperti itu, penggalan dari ajaran para nabi, mereka tidak membiarkan kuku mereka. mereka memotong kuku mereka, karna ini yang setimpal fitrah manusia.

dari abu hurairah radhiyallahu ‘anhu, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“ada 5 berbagai fitrah, ialah: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan juga mencabut bulu ketiak, ” (hr. bukhari 5891 dan juga muslim 258).
jangan perkenankan panjang!

bagaikan wujud penekanan, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikan batasan waktu kepada para teman, supaya kuku mereka tidak dibiarkan panjang.

teman anas bin malik berkata,

“kami diberi batas dalam memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, supaya tidak tidak dibiarkan lebih dari 40 hari, ” (hr. muslim 258).

batasan yang dikasih nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sifatnya universal, berlaku buat seluruh penggalan tubuh yang diajarkan buat dipotong. cuma aja, bila kuku dibiarkan hingga 40 hari, tentu bakal amat seram. sampai-sampai buat kuku, yang jadi acuan merupakan panjangnya. bakal namun, semalas-malasnya orang, optimal kukunya wajib dipotong dalam 40 hari.

imam nawawi menarangkan,

batas waktu memotong kuku, dengan mencermati panjangnya kuku tersebut. kala telah panjang, lekas dipotong. ini berubah satu orang dan juga yang lain, pula dengan memandang keadaan. ketentuan ini pula yang jadi standar dalam menipiskan kumis, mencabut bulu ketiak dan juga mencabut bulu kemaluan, ” (al-majmu’, 1/158).
apakah hukumnya haram?

imam ibnu utsaimin menegaskan,

memanjangkan kuku hukumnya makruh, bila tidak dihukumi haram. karna nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikan batasan waktu supaya tidak membiarkan kuku kita lebih dari 40 hari. (majmu fatawa ibnu utsaimin, 11/131). allahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *