Sekarang ini segala hal banyak yang dilakukan secara online. Begitupun dengan berita kini sangat mudah diakses secara online. Berita online lebih banyak dipilih karena aksesnya yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Update informasi terbaru juga bisa dengan mudah diketahui lewat berita online. Bagi Anda yang ingin menulis berita online, simak 5 kaidah menulis di media online berikut beserta gaya penulisannya.

5 Kaidah Menulis di Media Online

Menulis di media online harus diatur sedemikian rupa supaya scannable dan mudah dipindai oleh para pembacanya. Jadi, berita menjadi enak dibaca, enak dilihat serta mudah dipahami. Penulisan secara online mempunyai kaidah serta gaya tersendiri yang tentunya berbeda dengan yang ada pada media cetak maupun media elektronik.

Terdapat 5 kaidah yang wajib Anda perhatikan dan terapkan. Kaidah ini memiliki tujuan supaya tulisan Anda user friendly. Jika Anda tidak memperhatikan ke 5 kaidah dan cara penulisan online yang penting berikut, maka tulisan Anda berisiko menjadi terlihat tidak efektif. Ketidakefektifan tulisan menjadikannya sulit dibaca atau bahkan bisa menyulitkan user. 5 kaidah menulis di media online diantaranya yaitu:

  • Scannability

Artinya adalah tulisan mudah dipindai, catchy, enak dipandang mata serta menarik perhatian.

  • Usability

Artinya adalah tulisan bermanfaat, berguna, dicari orang serta dibutuhkan. Percuma menulis tulisan yang tidak dibutuhkan oleh orang-orang.

  • Readability

Artinya adalah tulisan mudah dibaca, nyaman di mata, enak dibaca dan tidak memberatkan mata.

  • Visibility

Artinya adalah tulisan mudah dilihat serta mudah ditemukan. Anda bisa memakai huruf kapital, italic, bold, as well as underlining pada kalimat, kata maupun bagian tulisan tertentu.

  • Findability

Artinya adalah tulisan mudah diklik, mudah ditemukan dan muncul pada halaman pertama Google. Hal ini berkaitan dengan teknik SEO, termasuk diantaranya mengenai keyword density, keyword rich maupun SEO Onpage yang lainnya.

Gaya Penulisan Agar Bisa Memenuhi 5 Kaidah Menulis Tersebut

Ada 5 gaya penulisan yang perlu Anda perhatikan agar bisa memenuhi 5 kaidah menulis tersebut di atas, antara lain yaitu:

  • Alinea Pendek

Sebaiknya tulisan online, termasuk tulisan yang ada di blog memakai alinea atau paragraf pendek. Satu alinea idealnya mempunyai baris maksimal 5.

  • Tidak Ada Indent

Suatu tulisan online tidak mengenal adanya indent, tekuk atau lekuk ke dalam pada awal alinea, seperti gaya yang ada di naskah koran maupun majalah. Ide dari penulisan online yang satu ini boleh diabaikan, namun menjadi tidak lazim.

  • Highlight

Jika tulisan online diberi berbagai macam tanda khusus pada bagian yang khusus, maka akan lebih enak dibaca dan scannable. Misalnya yaitu seperti dimiringkan, ditebalkan, diberi warna maupun diblock qoute. Hal ini akan menjadikan naskah online Anda menjadi terlihat lebih menarik untuk dibaca.

  • Jarak Antar Alinea

Harus ada jarak antar alinea dengan tujuan untuk membuat naskah online agar mudah dipindai serta enak dibaca.

  • Rata Kiri atau Align Left

Mengenai masalah rata kiri ini bersifat optional. Namun, jika memakai align justify, maka tulisan Anda menjadi terkesan serius, formal dan kaku. Pemilihan rata kiri pada tulisan akan membuat naskah yang Anda tulis menjadi scannable dan nyaman dibaca.

Jadi, bagi Anda yang ingin menulis berita online dengan baik, pastikan untuk memahami 5 kaidah menulis di media online dan gaya penulisan agar bisa memenuhi 5 kaidah menulis tersebut diatas. Tujuannya adalah agar tulisan yang Anda hasilkan menarik perhatian.