cara memperbaiki anting emas yang patah bisa Anda bawa ke toko perhiasan emas. Memakai anting emas memang sudah menjadi hal yang wajar bagi kaum hawa. Anting memang suatu hal yang identik bagi wanita meski tak jarang beberapa pria juga memakai anting seperti yang dilakukan oleh grup metal atau anak punk. 

Namun anting yang dipakai oleh grup tersebut bukanlah anting yang terbuat dari emas, melainkan logam anti karat seperti monel dan kuningan. Sedangkan bagi kebanyakan wanita mereka menggunakan anting-anting yang terbuat dari emas.

Penggunaan anting-anting pada wanita biasanya dilakukan sejak mereka masih kecil. Di Indonesia sendiri umumnya bayi yang berusia 1 bulan akan dilubangi kedua telinganya dan dipakaikan anting-anting. Tujuannya supaya tidak perlu lagi melubangi telinga anak ketika dewasa karena pasti rasa sakit yang dirasakan lebih besar.

Mengingat pemakaian anting-anting pada wanita dilakukan sejak bayi tak heran apabila ukuran anting-anting harus disesuaikan juga dengan usia sang pemakai. Ketika beranjak dewasa anting-anting juga harus diganti supaya pertumbuhan telinga tidak terganggu. 

Namun pada kenyataanya ada faktor lain yang menyebabkan anting-anting harus diganti meski ukurannya masih pas bagi sang pemakai. Salah satunya karena anting yang dikenakan telah rusak atau patah. Berikut penjelasan mengenai faktor penyebab anting patah dan cara memperbaiki anting emas yang patah.

Penyebab Anting-anting Emas Bisa Patah

Sebelum membahas cara memperbaiki anting yang patah alangkah lebih baik apabila Anda mengetahui faktor penyebab kerusakan pada anting-anting. Sumber kerusakan yang paling umum adalah anting-anting yang menyangkut pada pakaian atau benda lainnya. Ketika anting menyangkut dan ditarik terlalu kuat maka anting bisa patah. 

Kedua karena anting emas yang dipakai sudah aus atau menipis. Perlu Anda ketahui bahwa emas merupakan salah satu logam mulia yang bisa mengalami pengikisan. Tak heran apabila Anda mendapati anting yang telah puluhan tahun beli dari toko perhiasan emas ternyata mengalami penipisan lapisan akibat pemakaian sehari-hari.

Penyebab anting patah ketiga adalah benturan dan kegiatan kecil yang tidak disadari. Terkadang kita tidak menyadari bahwa  kegiatan-kegiatan kecil yang kita lakukan bisa menyebabkan anting patah. Misalnya saja memakai dan melepas helm terlalu kuat hingga anting kerap tergores dan bersinggungan.

Setelah mengetahui penyebab anting emas patah, sekarang Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun apabila anting telah terlanjur patah maka Anda bisa memakai cara memperbaiki anting yang patah di bawah ini.

Cara Memperbaiki Anting Emas yang Patah Mudah dan Cepat tanpa Rugi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki anting emas yang patah yang pertama adalah mematrinya. Sayang tidak semua orang bisa mematri emas karena teknik ini membutuhkan alat dan bahan khusus. Bagi Anda kaum awam lebih baik membawa anting emas Anda yang patah kepada tukang patri emas.

Anda tentu akan dikenakan biaya memakai jasa tukang patri tersebut namun biaya itu tidaklah terlalu besar bila dibanding dengan membeli anting emas baru lagi. Selain itu anting emas kesayangan Anda pun bisa lagi dipakai seperti sedia kala. 

Cara memperbaiki anting emas yang patah yang kedua adalah melakukan tukar tambah anting emas. Dengan memakai cara ini Anda tentu tidak perlu kesulitan mencari tukang patri emas, Anda hanya perlu membawa anting ke toko emas tempat Anda membelinya kemudian lakukan transaksi tukar tambah.

Cara tukar tambah emas ini bisa menghemat pengeluaran Anda. Pasalnya Anda tidak perlu membeli emas secara penuh. Anda hanya perlu menambah pembayaran dari hasil tukar anting emas Anda yang patah. Sayang tidak semua toko mendukung jasa tukar tambah. Oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa toko perhiasan emas yang Anda pilih menyediakan jasa cara memperbaiki anting emas yang patah.