Cara mengetahui anting emas kuning asli Membeli Anting-anting di toko perhiasan emas bagi kaum wanita merupakan hal yang wajar dilakukan. Semua jenis perhiasan mulai dari anting-anting, cincin, kalung, gelang, dan berbagai bentuk lainnya dapat dipilih dengan bebas. 

Selain itu toko perhiasan juga menyediakan bentuk dan model yang bisa dipesan sesuai keinginan kita. Misalnya Anda ingin memesan anting-anting dengan bentuk tertentu, inisial nama, ukuran, kandungan kadar emas, dan variasi lainnya. 

Bagi kebanyakan wanita, perhiasan emas khususnya anting-anting merupakan salah satu tanda pembeda jenis kelamin. Meski di luar sana ada juga pria yang memakai anting namun biasanya bukan terbuat dari emas. Anting-anting emas yang dipakai wanita memiliki nilai tinggi dan berharga terlebih apabila itu diberikan oleh orang yang mereka cintai. 

Tak heran apabila banyak orang memberikan perhiasan emas sebagai bentuk cinta kepada pasangan mereka. Bagi Anda yang ingin menunjukkan rasa cinta kepada pasangan dengan memberi anting-anting emas, alangkah baiknya tahu perbedaan emas asli dan palsu. Bagi Anda yang bingung berikut mengetahui anting emas kuning asli pada anting-anting agar  

Cara Melihat Emas Asli dari Berat dan Warna

Zaman sekarang kerap ditemui penjual emas yang tidak jujur. Maka sangat disarankan bagi Anda membeli emas hanya di toko perhiasan emas resmi dan terpercaya, agar mendapat perhiasan dengan kualitas terbaik. Jangan asal beli karena murah karena bisa jadi anting-amting tersebut hanya hasil sepuhan alias anting emas palsu.

Anda wajib teliti sebelum membeli emas, pastikan Anda paham cara membedakan emas asli dengan emas sepuhan. Cara paling mudah untuk membedakannya adalah dari warna dan beratnya. Emas asli tidak akan berubah warna apabila digosok dengan jari karena emas asli memiliki warna yang konstan.

Emas asli juga tidak bisa berkarat, sehingga Anda bisa melihat dengan teliti anting-anting yang ingin Anda beli. Pastikan setiap sudutnya tidak ada noda bekas oksidasi seperti pada logam besi dan kungingan. Apabila Anda menemui anting-anting tersebut teroksidasi maka anting itu bukanlah emas namun bisa jadi logam kuningan.

Mengetahui anting emas kuning asli kedua, emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang unik karena lunak, mudah dibentuk, namun cenderung berat. Anda bisa menimbang-nimbang dengan tangan untuk merasakan berat dari anting-anting tersebut. Namun apabila ingin lebih akurat gunakan alat bantu timbangan emas.

Anda juga bisa mencoba menjatuhkan anting-anting emas ke atas kaca atau keramik. Apabila dijatuhkan pada benda keras lain maka emas asli akan menimbulkan suara khas yang unik karena bobot masa jenis yang padat tersebut.

Mengetahui anting emas kuning asli dengan Bantuan Alat Uji

Apabila kedua cara di atas masih belum meyakinkan bagi Anda untuk membedakan emas asli dan palsu maka Anda bisa mencoba mengetesnya dengan alat bantu. Alat bantu pertama yang bisa Anda gunakan adalah magnet. Perlu Anda ketahui bahwa emas bukanlah jenis logam yang dapat terikat dengan magnet.

Sehingga apabila anting emas Anda dekatkan dengan magnet maka tidak akan mengalami gaya tarik menarik seperti yang terjadi pada besi. Alat kedua yang bisa digunakan untuk menguji keaslian emas asli adalah asam nitrat. 

Perlu Anda ketahui bahwa emas merupakan salah satu jenis logam yang memiliki sifat khusus yaitu tidak bereaksi terhadap asam nitrat seperti jenis logam lain. Emas asli tidak akan bereaksi sama sekali apabila ditetesi oleh asam ini.

Berbeda dengan besi yang akan berubah menjadi warna hijau, kuningan yang berubah menjadi kuning, dan perak yang berubah menjadi warna susu putih apabila ditetesi dengan asam nitrat. Mengetahui emas kuning asli juga bisa Anda lakukan dengan menggosokkan anting Anda pada keramik atau kertas.

Kertas atau keramik yang digosokkan tidak berubah warna berarti anting tersebut terbuat dari emas asli. Namun apabila kertas atau keramik terdapat warna noda hitam berarti bisa jadi anting Anda merupakan anting hasil sepuhan. Untuk menghindarinya pastikan Anda mengetahui anting emas kuning asli dan membeli anting-anting emas hanya pada toko perhiasan emas terpercaya saja.