Meskipun bisnis yang berbeda menawarkan layanan pengiriman dan truk pick-up kurir yang berbeda – dengan nama dan deskripsi yang bervariasi – tetapi konsep semua jenis ini hampir sama, yaitu menawarkan banyak pilihan kepada pelanggan, dengan biaya dan batasan waktu-durasi yang berbeda. Mengetahui jenis yang berbeda ini akan membantu pelanggan untuk memutuskan paket mana yang sesuai dengan kebutuhannya dengan cara terbaik. Sedangkan di sisi lain, sebuah bisnis kurir harus mengetahui dan memiliki berbagai jenis layanan kurir tersebut, sehingga dapat memudahkan pelanggannya dengan pilihan dan paket sebanyak mungkin.

1. Pengiriman Standar:
Pengiriman standar adalah jenis layanan kurir yang paling umum ditawarkan oleh bisnis kurir dan transportasi. Jenis pengiriman ini – tergantung pada sifat paket Anda dan jarak ke titik pengiriman Anda – dapat memakan waktu hingga 1-3 hari. Modus pengiriman standar, yang juga dikenal sebagai ‘layanan kurir hari berikutnya’, tidak memerlukan biaya tambahan. Jika perusahaan memberikan asuransi atau jaminan untuk barang yang hilang atau rusak, pengiriman standar biasanya akan menanggungnya juga. Namun, tetap bijaksana untuk membaca kebijakan perusahaan terlebih dahulu. Meskipun setiap perusahaan kurir akan memiliki kebijakan yang berbeda untuk pengiriman standar mereka, tetapi kerangka waktu yang biasa diperlukan adalah sekitar 24-48 jam.

2. Pengiriman Hari yang Sama:
‘Pengiriman pada hari yang sama’ adalah jenis layanan kurir umum lainnya, yang sangat umum digunakan oleh rumah sakit, toko medis, bisnis hukum dan akuntansi. Jika Anda ingin mengirim paket ke seseorang dalam 12-24 jam ke depan, maka Anda harus menggunakan mode ini di atas pengiriman standar. Karena mode pengiriman standar dapat memakan waktu hingga 2-3 bisnis, opsi hari yang sama dapat memfasilitasi Anda dengan mengirimkan barang pada hari Anda melakukan pemesanan. Namun, penting untuk dicatat bahwa layanan kurir jenis ini biasanya lebih mahal daripada pengiriman standar.

3. Pengiriman Ekspres atau Jam Sibuk:
Kami memiliki banyak nama berbeda untuk jenis metode pengiriman ini, tetapi mode pengiriman ekspres atau metode pengiriman jam sibuk adalah beberapa yang paling umum. Ini adalah salah satu jenis metode pengiriman yang digunakan dalam situasi darurat yang ekstrim.

Pengiriman Ekspres atau Jam Sibuk membebankan biaya paling besar kepada Anda, jika dibandingkan dengan dua mode pengiriman yang disebutkan di atas. Apalagi durasi waktu yang dibutuhkan biasanya sampai beberapa jam. Di beberapa negara dan negara bagian, varian dari plugin ongkos kirim mode pengiriman ini dikenal sebagai ‘Kurir Sepeda’. Perusahaan memiliki orang khusus yang ditugaskan untuk pengiriman ekspres, yang mengirimkan barang dengan sepeda mereka – dalam jangka waktu yang ditentukan.

4. Kurir Internasional:
Tidak setiap perusahaan kurir dapat membeli opsi ini, tetapi bisnis yang lebih besar memiliki fasilitas pengiriman kurir internasional. Seperti namanya sendiri, jenis pengiriman ini mengacu pada pengiriman paket pelanggan ke luar negeri. Biayanya dapat dimengerti lebih tinggi dan juga membutuhkan lebih dari beberapa hari untuk akhirnya mengirimkan paket. Namun, organisasi kurir yang lebih besar, untuk memfasilitasi klien mereka, menawarkan perbedaan International Express dan International Standard.

Nah itulah beberapa jenis jasa kurir yang paling banyak dipraktekkan saat ini. Seperti disebutkan sebelumnya, nama dapat bervariasi untuk organisasi yang berbeda. Lain kali Anda pergi mencari jasa kurir, Anda akan tahu apa yang harus diminta.

Kemudahan Menggunakan Shipper API sebagai Plugin Ongkos Kirim websitemu

Gunakan Shipper API sebagai plugin ongkos kirim website mu dan dapatkan kemudahan pengiriman yang terintegrasi dengan beragam kurir ekspedisi di indonesia.

Selengkapnya tentang Shipper api dari shipper: https://shipper.id/api-integration
Selengkapnya tentang shipper : https://shipper.id/