Sebelum dikenal sebagai jaket windbreaker seperti saat ini, ternyata mulanya dikenakan oleh suku Inuit di Antartika. Jaket ini baru berkembang menjadi lebih modern pada tahun 1970-an di berbagai negara. Awalnya jaket windbreaker dibuat dari bahan katun dan wool, namun kini berkembang dengan bahan yang lebih ringan, seperti bahan nylon, polyester dan parasut.

Selain bahan yang berkembang, desain jaket windbreaker juga semakin beragam dan kian modis, terutama jaket windbreaker untuk perempuan. Tentu jadi makin pusing untuk memilihnya. Karena itu berikut tips berupa cara memilih jaket windbreaker untuk perempuan:

  • Memilih bahan yang nyaman

Dalam beragam item fashion, pemilihan bahan selalu menjadi yang utama begitu pula untuk memilih jaket windbreaker. Beberapa pilihan bahan yang digunakan seperti taslah, parasut, nylon dan sebagainya. Setiap bahan memiliki karakteristik berbeda, untuk itu lebih baik mengenali detail karakter setiap bahan untuk mengetahui yang terbaik digunakan.

  • Perhatikan detail desain

Jaket windbreaker memiliki desain yang kian bervariasi dengan detail yang ditawarkan. Dalam memilih lebih baik mempertimbangkan fungsi detail yang ada. Misalkan model jaket hoodie, packable hingga detail saku. Hoodie berguna untuk melindungi bagian kepala dari dingin, panas dan debu yang nyaman untuk beragam aktivitas outdoor. Jaker packable memberi kemudahan dilipat dan dibawa ke mana saja. Dan detail saku yang memudahkan menyimpan barang bawaan berukuran kecil.

  • Memilih jaket yang tahan air

Semua jaket windbreaker diklaim tahan air karena bahan yang digunakan. Namun bisa jadi ketahanan yang dimiliki berbeda-beda. Kebanyakan memiliki ketahanan melindungi dari udara berembun hingga hujan rintik. Untuk mendapat perlindungan maksimal, bisa juga dengan mengetahui kualitas resleting yang dilengkapi seal yang lebih ampuh menahan air.

  • Memilih warna yang disukai

Jaket windbreaker memiliki banyak pilihan warna dari yang gelap hingga yang cerah. Anda dapat memilih sesuai warna kesukaan ataupun menyesuaikan aktivitas yang dilakukan. Memilih warna gelap cocok untuk aktivitas outdoor yang membuatnya tidak takut kotor. Namun jaket berwarna terang juga direkomendasikan untuk aktivitas outdoor khususnya di malam hari agar mudah terlihat.