Jenis dan desain sepatu bayi dan anak anak tentu saja berbeda. Perbedaan ini sendiri memiliki fungsi sebagai salah satu mode perlindungan pada kaki bayi dengan kemungkinan lecet, dimana mereka biasanya ketika menggunakan kreta asal melangkah tidak peduli apa yang mereka injak.

Maka dari itu, peran orang tua dalam mencari dan memilihkan sepatu untuk kemanan si bayi sangat dibutuhkan dalam tahap ini.

Anda bisa mencari refrensi di toko online perlengkapan bayi untuk model dan harga dan juga bisa langsung melakukan pembelian disana.

Untuk balita yang baru mulai berjalan, kami sangat menyarankan untuk memilih sepatu dengan tumit kecil, melindungi jari kaki dan memiliki jahitan atau sol yang kaku dengan bagian ujung telapak kaki yang lembut tentu saja.

sepatu anak orami

Tidak sampai disana saja, jenis sepatu bayi yang baru mulai belajar berjalan dengan yang sudah bisa berjalan juga berbeda dari sisi kemanan dan kenyamanan mereka. Sepatu bayi memang bagusnya dari bobot harus seringan mungkin.

Kemudian juga pada bagian ujung sepatu, pastikan terbuat dari bahan yang kuat dimana dalam proses berjalan si anak pasti akan menendang batu kecil krikil dan lain sebagainya jadi jangan sampai ujung jari kaki anak anda lecet gara gara memilih sepatu yang salah.

Jika ini adalah sepatu kulit, pastikan kulit di tempat ini kuat dan melindungi jari kaki. Pada beberapa sepatu bot anak-anak, sendiri memang pada bagian depna didesain lebih tebal dari yang lainya ini dimaksudkan sebagai salah satu cara perlindungan kaki anak dari benturan ketika mereka berjalan atau berlari.

Faktor lain juga dari sisi proses pembersihan sepatu, anda harus bisa mencari jenis sepatu yang enak dicuci dan kotoran pada bagian sepatu mudah dibersihkan karena ini akan berpengaruh pada usia penggunaan sepatu.

Tumit sepatu harus cukup kokoh, tetapi bagian dalamnya dilapisi dengan bahan lembut tanpa jahitan. Terlebih sekarang ini banyak sekali toko yang jual sepatu bayi dan anak jadi dari sisi pilihan sendiri tentunya sangat luas.

Sesekali juga anda bisa tanyakan kepada si anak kalau dia sudah berusia 2 tahun keatas dia sudah sangat peka dalam merespon ketidak nyamanan ini.

Tanyakan pada anak anda, apakah sepatunya enak dibuat berjalan, berlari atau lainya sehingga anda akan ikut merasakan apa yang anak anda rasakan.

Anak-anak tumbuh dengan cepat, jadi sebagai orang tua juga harus paham jika pembelian sepatu pada anak ini akan sangat sering anda lakukan.

Sekarang mari kita bicara tentang penampilan sepatu. Ada beberapa bagian yang harusnya anda perhatikan misalkan pada bagian alas, kemudian kelenturan sepatu, jahitan atau sol sepatu usahakan pilih yang benar benar rapat dan tentunya kuat bisa anda cek sendiri.

Bagaimana cara menentukan ukuran yang benar? Sebagai aturan umum, rongga bagian dalam sepatu harus lebih panjang 1-1,5 cm dari panjang kaki anak.

Cara termudah untuk menentukan ujung kaki adalah dengan meminta anak untuk menggerakkan jari-jari kakinya.

Dengan merasakannya melalui permukaan sepatu, Anda akan tahu di mana ujung jari kaki anak anda dan berapa banyak ruang kosong yang tersisa.

Terkadang pabrikan membuat ritsleting pada sepatu anak-anak. Ini juga bagus memang demi memberikan ruang pada kaki supaya tidak terlalu tertekan namun fungsi resleting ini sebenarnya sama saja kalau kaki anak sudah mulai panjang maka otomatis anda harus ganti dengan sepatu yang baru.